Sunday, 27 January 2019 00:00

Kontes Robot

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Mungkin banyak yang berfikir, robot adalah teknologi yang sulit. Padahal teknologi robot, dapat dipelajari secara sederhana bagi pelajar tingkat dasar dan menengah. Hal ini disebabkan robot merupakan penerapan dari mata pelajaran di sekolah, seperti Matematika atau Fisika.

Saat ini, masih sedikit sekali sekolah di Indonesia yang memasukkan robot sebagai mata pelajaran atau ekstrakurikuler. Padahal, minat pelajar terhadap robot sangat tinggi. Robot dapat merangsang kreativitas anak, rasa ingin tahu, dan semangat untuk terus belajar karena banyak hal baru dalam robot. Terbatasnya peluang untuk mempelajari robot di sekolah dengan cepat ditangkap sejumlah lembaga pendidikan. Kini sejumlah lembaga pendidikan di kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Semarang, membuka semacam pelatihan untuk merancang dan membuat robot bagi pelajar SD dan SMP. Mahalnya komponen robot yang mencapai Rp 4 juta per unit robot menjadi salah satu kendala pengembangan robot di kalangan pelajar.

Terkait hal tersebut, Jakarta Islamic Centre (JIC) menggelar kontes robotik terbesar se-Jakarta. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada 23 dan 24 Februari 2019 di Gedung Jakarta Islamic Centre, Koja Jakarta Utara. Kontes robotik ini menjadi rangkaian kegiatan akbar Jakarta Islamic Education Fair (JIEF) 2019. Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan JIC, Rakhmad Zailani Kiki, mengatakan peluang dan tantangan era Revolusi Industri 4.0 saat ini harus dihadapi dan diantisipasi sebaik mungkin, khususnya bagi lembaga pendidikan Islam Jakarta.

Menurut Rakhmad Zailani, dunia anak-anak sangat menyukai visualisasi robot atau sesuatu yang berkarakter ‘hero’ dalam bentuk robot. Robot juga menjadi salah satu icon yang banyak menginspirasi anak-anak dari sejak dulu hingga sekarang, apalagi di era revolusi Industri 4.0 saat ini

Kontes robotik dilaksanakan untuk memperkuat pemahaman dan wawasan seputar sains, mekanika dan elektronika robot bagi pelajar-pelajar muslim Jakarta, yang dikemas dalam bentuk kompetisi. Melalui kontes robotik ini, JIC berharap dapat mendorong penguasaan sains, mekanika dan elektronika di bidang robotik. Dalam kontes robotik ini, JIC bekerjasama dengan rumah robot Racer dan Motecors. Sementara itu, Kepala Sekretariat JIC, Ahmad Juhandi, mengapresiasi kegiatan kompetisi robotik yang akan dilaksanakan Februari 2019 mendatang, dan berharap kegiatan ini lebih semarak lebih bermanfaat serta dapat diikuti oleh para penggemar robotik baik murid SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA se-DKI Jakarta.

Read 966 times Last modified on Sunday, 27 January 2019 18:55