Wednesday, 06 February 2019 14:16

BTN Selenggarakan Pameran Properti IPEX 2019

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Ribuan orang memadati pameran properti dalam ajang Indonesia Property Expo -IPEX 2019 di Jakarta Covention Center yang diselenggarakan 2 hingga 10 Februari ini. Direktur Utama  Bank Tabungan Negara -BTN, Maryono, usai membuka IPEX 2019 di Jakarta, Sabtu (2/2) menyatakan optimistis pameran akan mencetak kredit baru senilai 6 triliun rupiah.

IPEX 2019 merupakan agenda rutin yang diselenggarakan  setiap bulan Februari dan September. Untuk bulan Februari merupakan rangkaian dari kegiatan Hari Ulang Tahun ke-69 BTN yang fokus bergerak di bidang pembiayaan perumahan.

IPEX 2019 diikuti 167 pengembang, yang terdiri atas 116 pengembang Kredit Kepemilikan Rumah Non Subsidi dan 51 pengembang Kredit Kepemilikan Rumah Subsidi, dengan total proyek properti sekitar 869 proyek, yang tersebar di berbagai daerah, mulai dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi -Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra, Sulawesi, sampai Kalimantan.

Direktur Utama  Bank Tabungan Negara, Maryono, mengatakan, dalam pameran ini BTN memberikan fasilitas Kredit Kepemilikan Rumah berbunga murah, mulai dari 6,69 persen tetap selama satu tahun.

Maryono juga menginformasikan, jumlah kredit baru yang terjadi dalam beberapa kali kegiatan IPEX terus mengalami kenaikan. Pada tahun 2016, izin prinsip Kredit Kepemilikan Rumah/Kredit Kepemilikan Apartemen mencapai 8,3 triliun rupiah, pada tahun 2017 naik menjadi 12,8 triliun rupiah. Sementara tahun lalu ketika suku bunga kredit merangkak naik, ajang IPEX masih mencatatkan persetujuan izin prinsip untuk total Kredit Kepemilikan Rumah/Kredit Kepemilikan Apartemen senilai 18,4 triliun rupiah.

Ia menambahkan, untuk menarik generasi milenial, BTN juga memperkuat layanan Kredit Kepemilikan Rumah secara online. Per Februari ini, portal www.btnproperti.co.id hadir dengan wajah baru dan sejumlah fitur tambahan, di antaranya fitur 3 dimensi -3D (tridi) proyek perumahan. Konsumen bisa melihat langsung proyek perumahan atau unit rumah contoh dari developer BTN, dengan merasakan seakan-akan berada di lokasi langsung karena ketersediaan data 3D.

Fitur baru selanjutnya adalah transactional booking fee. Dengan fitur ini, konsumen atau pengunjung BTN Properti bisa langsung memesan unit rumah dari developer yang sudah bekerja sama dengan Bank BTN, dan bisa langsung melakukan pembayaran booking fee atau tanda jadi pemesanan dengan kanal pembayaran yang disediakan Bank BTN, mulai dari ATM/Virtual Account, Internet Banking, dan Mobile Banking.

Berdasarkan pantauan Bank BTN, aplikasi Kredit Kepemilikan Rumah online yang mengalir lewat portal tersebut tercatat mencapai lebih dari 42 ribu aplikasi, atau melompat 208 persen dibandingkan tahun 2017 sebanyak 13 ribu aplikasi. 

Read 751 times