Saturday, 09 February 2019 06:33

Pertumbuhan Ekonomi 2018 Tertinggi Dalam Lima Tahun

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto di Jakarta Rabu (6/2) mengumumkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2018 mencapai 5,17 persen. Meski tak mencapai target sebesar 5,4 persen, pertumbuhan ekonomi tahun lalu tersebut merupakan yang tertinggi dalam lima tahun terakhir.

Suhariyanto memerinci, pertumbuhan ekonomi pada 2014 sebesar 5,01 persen. Setahun kemudian pertumbuhan sempat melambat menjadi 4,88 persen. Pada 2016, ekonomi mulai pulih dengan mencatatkan pertumbuhan 5,03 persen dan naik lagi menjadi 5,07 persen pada 2017.

Suhariyanto mengatakan, angka pertumbuhan di atas lima persen patut disyukuri di tengah kondisi ekonomi global yang tak tentu arah dan turunnya harga komoditas.

Menurut Suhariyanto, dari sisi pengeluaran, ekonomi Indonesia pada tahun lalu masih ditopang konsumsi rumah tangga dan investasi. Konsumsi masyarakat menjadi sumber pertumbuhan tertinggi sebesar 2,74 persen. Sementara itu investasi atau pembentukan modal bruto sebesar 2,17 persen.

Dalam konsumsi masyarakat, konsumsi rumah tangga menjadi motor penggerak utama dengan porsi lebih dari 50 persen. Suhariyanto menambahkan, Hari Belanja Online Nasional, 12 Desember 2018, juga berpengaruh terhadap sektor perdagangan dan pertumbuhan ekonomi.

Bank Indonesia memandang positif pertumbuhan ekonomi triwulan ke empat  tahun 2018. Otoritas moneter menilai pertumbuhan ekonomi triwulan keempat  tahun 2018 yang tetap solid menunjukkan momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia terus terpelihara, di tengah pertumbuhan ekonomi dunia yang melandai

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengaku puas dengan angka pertumbuhan 5,17 persen. Menurut Darmin pulihnya konsumsi rumah tangga disebabkan oleh daya beli masyarakat yang membaik. Salah satu faktor pendukungnya adalah pencairan anggaran belanja sosial dari pemerintah sepanjang 2018.

Menteri Perdagangan Enggartisto Lukita juga menanggapi positif laporan Badan Pusat Statistik tersebut. Menurutnya pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,17 persen patut diapresiasi. Di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi global, perekonomian Indonesia masih dapat tumbuh baik.

Read 700 times