Tuesday, 05 March 2019 12:06

ndonesia Minta OKI Dukung Palestina.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

I

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L.P. Marsudi menghadiri Konferensi Tingkat Menteri ke-46 Organisasi Kerja Sama Islam (OKI)  di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab yang diselenggarakan pada 1 hingga  Maret 2019. Dalam sambutannya, Menteri Retno Marsudi mengingatkan kembali anggota OKI mengenai pekerjaan bersama yang belum selesai, yaitu isu Palestina, yang situasinya semakin memburuk. Ia mengatakan bahwa tidak ada pilihan lain bagi OKI selain memberikan dukungan nyata, solid dan konkrit bagi perjuangan kemerdekaan Palestina. Laman kemlu.go.id menuliskan, Menteri Retno  Marsudi menyampaikan  Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamaan PBB akan terus memberikan dukungan penuh dan konkrit bagi perjuangan Palestina.

Menurut Retno Marsudi, satu-satunya pilihan bagi OKI adalah memperkuat solidaritas dan dukungan konkrit bagi Palestina. Ia menggambarkan bahwa dunia dihadapi konflik dan perang yang terus berlangsung di berbagai negara, sering tidak adanya keinginan negara-negara untuk menyelesaikan konflik melalui dialog dan perundingan, dan banyaknya negara yang tidak menghormati prinsip-prinsip  piagam PBB. Retno Marsudi menegaskan, menghadapi tantangan dunia yang mengkhawatirkan tersebut, menjadi sangat penting bagi anggota OKI untuk memberi contoh. 

Ia mengatakan anggota OKI harus memberikan kontribusi dan menjadi bagian dari solusi atas permasalahan global, termasuk  dengan mencegah konflik, mengedepankan dialog dan perundingan, dan secara konsisten menghormati prinsip-prinsip piagam PBB.

Secara khusus, Menteri Luar Negeri  mengangkat tantangan yang dihadapi kawasan Asia Tenggara, yaitu terkait situasi pengungsi Rakhine. Ia menyampaikan bahwa sejak awal Indonesia telah berkontribusi untuk membantu situasi di Rakhine, mengedepankan masalah kemanusiaan, membantu upaya repatriasi pengungsi Rakhine dari Bangladesh ke Rakhine State secara suka rela, aman dan terhormat

Read 762 times