Tuesday, 26 March 2019 09:29

Pembentukan Asosiasi Pengajar Bahasa Indonesia di Tiongkok

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Asosiasi Pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (APBIPA) di Tiongkok baru saja dibentuk. Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beijing, Yaya Sutarya, Sabtu (23/3) seperti dikutip Kantor Berita Antara mengatakan Asosiasi Pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (APBIPA) di Tiongkok itu  terbentuk melalui pemilihan ketua secara terbuka di Beijing. Menurutnya asosiasi ini akan mewadahi berbagai kepentingan terkait sistem pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Selain itu, organisasi tersebut juga akan mewadahi para guru BIPA di 12 perguruan tinggi yang tersebar di berbagai daerah di daratan Tiongkok.

Pembentukan tersebut dilakukan setelah Diskusi Kelompok Terfokus (FGD) mengenai Revitalisasi Pengembangan Program Studi Bahasa Indonesia di Republik Rakyat Tiongkok yang digelar di Beijing mulai Kamis (21/3). pemilihan yang dipandu secara langsung oleh Atase Pendidikan dan disaksikan Kepala Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesiaa serta jajaran diplomat dari beberapa kantor perwakilan Republik Indonesia di Beijing, Shanghai, Guangzhou, dan Hong Kong.

Meskipun pemilihan ketua yang dilakukan secara terbuka bukanlah hal yang lazim dilakukan di Tiongkok, para dosen Bahasa Indonesia yang kebanyakan warga setempat sudah familiar dengan iklim demokrasi di Indonesia.

Para dosen tersebut rata-rata telah mengenyam pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, baik strata 2 maupun strata 3, di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indoneisa,  Emi Emilia mengatakan dengan adanya wadah ini, nanti Indonesia bisa menyelenggarakan diskusi kelompok terfokus secara rutin .

Read 760 times