Monday, 25 March 2019 09:38

Aruna & Lidahnya' Raih Penghargaan di Osaka Asia Film Festival 2019

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Film Aruna dan Lidahnya semakin dikenal di mancanegara. Sebelumnya, film ini menjadi pembuka Festival Film CinemAsia di Kriterion Amsterdam, Belanda. Kabar terbaru, Film ini meraih penghargaan Osaka Asia Film Festival (OAFF) 2019. Film tersebut meraih penghargaan dalam kategori The Most Entertaining Film Among All Participating New Films. Mirza Nurhidayat, selaku Konsul Jenderal RI di Osaka, menerima penghargaan tersebut mewakili Indonesia. Film tersebut juga diputar di Gala Screening, 14 Maret lalu. Mirza menjelaskan, melalui film Aruna dan Lidahnya penonton dapat melihat nilai, tradisi, kebiasaan dan kuliner masyarakat Indonesia yang sangat beragam dan mencerminkan kekayaan budaya Indonesia.

Mirza berharap, melalui penghargaan Osaka Asia Film Festival-OAFF masyarakat Jepang dapat mengenal budaya Indonesia lebih dalam melalui film-film karya sineas Indonesia yang terus diperkenalkan di Jepang. OAFF adalah agenda tahunan yang menayangkan dan memberikan penghargaan kepada karya-karya Sineas dari negara-negara Asia. 52 film dari 12 negara Asia ikut ambil bagian dan bersaing dibeberapa kategori pada penghargaan ini.

Film garapan sutradara Edwin itu dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo. Film tersebut menghadirkan keragaman kuliner khas nusantara. Film yang diangkat dari novel karya Laksi Pamuntjak ini menceritakan petualangan Aruna dan kawan-kawannya di empat daerah.

Surabaya, Pamekasan, Pontianak, dan Singkawang menjadi lokasi Aruna dan kawannya menyelidiki kasus wabah flu burung sekaligus mencicipi kuliner lokal. Ada banyak kuliner lokal yang diangkat pada film Aruna dan Lidahnya. Pengambilan sudut gambar makanan yang apik sontak membuat penonton menelan liur. Film ini juga mewakili Indonesia pada festival film bergengsi Berlinale di Jerman.

Read 808 times Last modified on Tuesday, 26 March 2019 09:12