Thursday, 28 March 2019 00:00

Indonesia Fashion Week 2019

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Indonesia Fashion Week 2019 Foto : indonesiafashionweek.id

pada 27 hingga 31 Maret 2019 mendatang, ajang mode tahunan Indonesia Fashion Week 2019 (IFW 2019) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) akan kembali digelar. Tahun ini adalah kali ke-delapan IFW diadakan dengan mengusung tema "cultural values"yakni mengangkat warisan budaya nasional. Beda dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya yang mengangkat budaya tanah Toba (Sumatera Utara), kali ini giliran tanah Borneo (Kalimantan) yang menjadi sorotan utama. Harapannya, setelah IFW 2019 ini, budaya Kalimantan akan semakin dikenal luas lewat karya para desainer yang turut tampil dalam pergelaran tahunan ini. Dengan begitu, industri mode Tanah Air dapat semakin membantu dan mensejahterakan para pengrajin lokal dari Kalimantan.

 

Kalimantan dipilih sebab memiliki kekayaan budaya yang kaya dan beragam. Sayangnya, khasanah budaya tersebut belum terjamah dan dieksplor secara maksimal.

Padahal, menurut Presiden APPMI, Poppy Darsono, Kalimantan terdiri dari banyak etnis seperti Melayu, Dayak, Banjar, Kutai dan Dayak Paser yang memiliki corak dan warna yang unik. Pagelaran yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) ini akan diikuti oleh sekitar 200 desainer seperti Ivan Gunawan, Naniek Rahmat, Jenny Tjahyawati, sampai Poppy Dharsono. Mereka akan menghadirkan berbagai koleksi yang bekerjasama dengan para pengrajin di Kalimantan. 

Tak cuma soal fesyennya, 'wujud' Borneo (Kalimantan) akan diwujudkan lewat desain tempat penyelenggaraan IFW 2019, hingga busana para model. IFW 2019 juga akan menggelar lebih dari 20 pergelaran busana yang menampilkan busana-busana terbaik dari desainer ternama Tanah Air. Dalam kesempatan yang sama, akan dihadirkan pula berbagai booth yang menyuguhkan ratusan merek fashion lokal bagi para pecinta mode Indonesia.

 

Read 1108 times Last modified on Thursday, 28 March 2019 19:23