Monday, 12 February 2018 11:55

Indonesia-China Kerja Sama Perangi Penyelundupan.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian menjalin kerja sama dengan otoritas kepabeanan China atau The General Administration of China Customs (GACC) untuk mencegah dan memerangi penyelundupan maupun perdagangan narkotika dan obat terlarang. Tujuan dari kesepakatan ini adalah untuk melaksanakan kerja sama dalam bentuk pertukaran data dan teknologi, pengetahuan untuk memberantas perdagangan barang-barang ilegal secara efektif serta kerja sama `capacity building. Demikian dikatakan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Heru Pambudi mengatakan, komitmen Customs Cooperative Arrangement (CCA) on Information Exchange and Enforcement ini dilakukan karena ancaman kejahatan transaksional yang terorganisir makin berkembang signifikan sehingga membutuhkan perhatian khusus bagi otoritas kepabeanan Indonesia maupun China.

 

Indonesia Dan Inggris Perkokoh Kerja Sama Pendidikan.

 

Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria dan Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerja Sama Anas Miftah Fauzi melakukan kunjungan kerja ke Inggris dalam rangka meningkatkan kerja sama akademik dengan beberapa universitas terbaik di Inggris. Menurut keterangan KBRI London, Minggu (11/2), dalam kunjungan ke Inggris 4 sampai 9 Februari 2018, Rektor IPB menandatangani dua MoU masing-masing dengan University of Leeds dan University of Leicester yang antara lain berisi kesepakatan di bidang kolaborasi riset, pengembangan program pengajaran dan kegiatan akademis bersama, serta pertukaran mahasiswa dan dosen. Delegasi Rektor IPB juga melakukan pertemuan dengan wakil University of Oxford untuk menjajaki kerja sama di bidang unggulan seperti food science dan sustainability science program.

Rektor dan Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerja Sama IPB juga berpartisipasi pada seminar "QS in Conversation" di London, pada 8 dan 9 Februari yang membahas strategi dan implikasi peringkat universitas dan internasionalisasi perguruan tinggi.

Duta Besar RI untuk Inggris Raya dan Irlandia, Rizal Sukma menyambut baik kunjungan Rektor IPB ke Inggris karena akan semakin menguatkan kerja sama pendidikan antara Indonesia dan Inggris, yang akhirnya akan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan dan universitas di Indonesia.

 

Baznas Ke Malaysia Bahas Kerja Sama Badan Zakat.

 

Badan Amil Zakat Nasional -Baznas diundang Wakil Perdana Menteri Malaysia untuk membahas kerja sama badan zakat antar kedua negara. Melalui siaran pers Baznas yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu (10/2), Ketua Baznas, Bambang Sudibyo, dan Wakil Ketua Baznas, Zainulbahar Noor, memenuhi undangan kenegaraan Wakil Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi dan Menteri Agama Malaysia Jamil Khir bin Baharom. Zainulbahar Noor mengatakan, Malaysia sangat mendukung gerakan zakat yang digelorakan Baznas di Indonesia. Bukan hanya pengurus Pusat Pungutan Zakat Malaysia, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Agama Malaysia juga sangat antusias untuk membantu Baznas dalam mewujudkan program-program penghimpunan, penyaluran, dan pertanggungjawaban pengelolaan zakat. Menurutnya, hubungan Indonesia dan Malaysia dalam bidang perzakatan sangat erat dan saling mendukung. Apalagi, Ketua Baznas, Bambang Sudibyo, merupakan Sekretaris jenderal World Zakat Forum.

Read 1436 times Last modified on Monday, 12 February 2018 11:58