Thursday, 04 July 2019 07:44

Kulari ke Hutan, Pesan Menjaga Hutan Untuk Masyarakat Urban

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Kegiatan bertajuk Kulari ke Hutan 2019 yang berlangsung di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (30/6) berjalan meriah. Salah satu agenda penting dari kegiatan ini yakni program adopsi pohon. Adopsi pohon artinya mendonasikan sejumlah dana untuk penjagaan pohon yang sudah tumbuh puluhan tahun di hutan. Selain itu ada kegiatan fun run yaitu berlari melintasi stadion sebagai bentuk simbol peserta terhadap pelestarian pohon dan hutan.

Co-founder gerakan “Hutan Itu Indonesia” (HII) sekaligus Ketua Pelaksana program Kulari ke Hutan 2019, Rinawati Eko mengatakan Hutan Itu Indonesia memiliki mimpi besar agar setiap orang mencintai hutan sebagai identitas  Indonesia. Rinawati menerangkan Ku Lari Ke Hutan adalah program yang dipilih untuk mewujudkan mimpi  tersebut dan targetnya adalah masyarakat urban.

Rinawati Eko di Jakarta Minggu (30/6) mengungkapkan, Kulari ke Hutan diadakan di hari Minggu karena lari di hari Minggu seperti Car Free Day-CFD sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat perkotaan khususnya di Jakarta. Dalam kesempatan itulah mereka menyisipkan pesan untuk menjaga hutan.

Menurut Rina kegiatan tersebut memberikan tantangan kepada para pelari untuk mengitari lintasan GBK sebagai simbol pesan menjaga hutan. Setiap pelari menempuh jarak lima kilometer atau satu kali putaran yang akan dikonversikan sebagai adopsi satu pohon untuk menjaga hutan Indonesia. Semakin jauh jarak yang ditempuh oleh peserta, maka semakin banyak jumlah pohon yang diadopsi untuk menjaga hutan Indonesia.

Dalam kegiatan lari, jarak terjauh yang dapat ditempuh oleh peserta adalah 20 kilometer atau empat kali putaran yang dibukukan oleh empat orang pelari. Selain itu untuk peserta yang dapat menempuh lima kilometer pertama akan mendapatkan apresiasi berupa medali dengan bahan dasar limbah palet serta gelang untuk setiap putaran.

Untuk diketahui, Hutan itu Indonesia (HII) merupakan gerakan terbuka yang dibuat untuk menularkan pesan-pesan positif kepada masyarakat untuk menjaga dan melindungi hutan Indonesia. Saat ini Hutan itu Indonesia memiliki dukungan dari 40 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia dan 400 sukarelawan. 

Read 700 times Last modified on Friday, 05 July 2019 08:06