Sunday, 07 July 2019 00:00

Mahasiswa Magelang Manfaatkan Kulit Kacang jadi Prebiotik

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Mahasiswa Magelang Manfaatkan Kulit Kacang jadi Prebiotik Foto : republika.co.id

Mahasiswa Universitas Tidar (Untidar) Magelang Jawa Tengah memanfaatkan limbah kulit kacang tanah yang selama ini hanya menjadi sampah. Mereka adalah Suwasdi (Agroteknologi/2016), Mahdalina Mursilati (Agroteknologi/2017) dan Surya Bagus Purnomo (Peternakan/2016) yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE). Mahasiswa ini mengolah limbah kulit kacang tanah menjadi Extraordinary Peanut Shells Prebiotic atau Exotic.

Ketua tim Suwasdi dalam keterangan tertulis di Magelang Rabu, 3 Juli 2019 mengatakan, penelitian ini fokus pada pemanfaatan limbah kulit kacang tanah untuk mendapatkan kandidat prebiotik atau ''makanan'' bagi bakteri probiotik Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus. Ia menjelaskan latar belakang penelitian, karena banyak limbah kulit kacang tanah yang terbuang dan mencemari lingkungan.

Padahal, limbah itu dapat dimanfaatkan dalam bentuk lain, salah satunya sebagai prebiotik. Suwasdi mengatakan suatu bahan dapat menjadi prebiotik jika memiliki kadar serat tinggi dan tidak dapat dicerna sistem pencernaan manusia. Menurutnya bakteri prebiotik umumnya ditumbuhkan, salah satunya dengan inulin yang harganya relatif mahal di pasaran.

Suwasdi menjelaskan kulit kacang mengandung serat selulosa yang tinggi dan sekaligus sumber nutrisi bagi bakteri prebiotik dengan harapan bakteri dapat tumbuh kuat dan melipatgandakan diri secara optimal. Penelitian ini juga ikut membantu petani kacang tanah untuk mengelola sisa hasil panen sehingga tidak terbuang sia-sia. Prebiotik merupakan nutrisi yang baik untuk flora dan mikroba dalam sistem pencernaan manusia. Makanan yang mengandung prebiotik berfungsi mengatasi gangguan pencernaan dan inflamasi usus. Tim berharap melalui penelitian ini mendapatkan kandidat prebiotik selain media inulin sehingga dapat menjadi alternatif prebiotik ke depannya dan dapat memenuhi permintaan prebiotik, baik skala kecil maupun industri.

Read 768 times Last modified on Monday, 08 July 2019 10:12