Monday, 22 July 2019 00:00

11 Negara ASEAN Berpartisipasi Dalam Solo Batik Carnival

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Beberapa contoh kostum yang akan digunakan pada perhelatan Solo Batik Carnival 2019 Beberapa contoh kostum yang akan digunakan pada perhelatan Solo Batik Carnival 2019 Foto : antaranews.com/Aris Wasita.

Ajang tahunan Solo Batik Carnival-SBC kembali dihelat di Solo, Jawa Tengah. Penyelenggaraan SBC ke XII tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Para peserta akan menunjukkan kemegahan kostum yang menggambarkan negara asal mereka. Ada 11 negara di Asia Tenggara yang dilibatkan dalam ajang yang diselenggarakan di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, pada 27 Juli 2019 mendatang. Ke-11 negara yang dilibatkan dalam ajang ini yaitu, Indonesia, Filipina, Malaysia, Myanmar, Brunei Darussalam, Laos, Vietnam, Kamboja, Timor Leste, Thailand dan Singapura.

SBC 2019 mengambil tema "Suvarna Bhumi the Golden of ASEAN". Suvarna Bhumi memiliki arti "Negara Emas". Menurut Susanto, Ketua Yayasan SBC, dengan mengangkat tema tersebut, SBC XII dapat diibaratkan sebagai 'emas' yang berharga dan dicari banyak orang. Selain menjadi daya tarik tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara. Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta Hasta Gunawan mengatakan, SBC termasuk top 100 event pariwisata nasional di Indonesia. Pihaknya berharap penyelenggaraan SBC mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Solo.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan Solo kepada dunia. Yang unik, masing-masing delegasi akan menampilkan karakter khas negaranya pada kostum yang mereka pakai. Tentunya kostum tersebut menggunakan motif dasar batik yang megah. Seperti delegasi Malaysia yang menampilkan menara kembar Petronas. Ataupun delegasi Thailand yang menampilkan karakter gajah pada kostumnya. Para peserta akan berjalan menyusuri Jalan Slamet Riyadi sepanjang empat kilometer.

Read 1200 times Last modified on Wednesday, 24 July 2019 05:52