Thursday, 29 August 2019 10:14

Indonesia perlu dorong kejelasan fungsi pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris dan Irlandia Rizal Sukma (kanan) usai seminar "Indonesia, ASEAN dan Indo-Pasifik" di Jakarta, Rabu (28/8/2019). ANTARA Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris dan Irlandia Rizal Sukma (kanan) usai seminar "Indonesia, ASEAN dan Indo-Pasifik" di Jakarta, Rabu (28/8/2019). ANTARA

 

Indonesia perlu mendorong kejelasan fungsi pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik yang disepakati dalam Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN di Bangkok,  Juni lalu.Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Inggris dan Irlandia, Rizal Sukma, usai seminar "Indonesia, ASEAN, dan Indo-Pasifik" di Jakarta, Rabu mengatakan, hal ini harus dimulai dengan menyebut secara jelas terkait fungsi apa yang harus difasilitasi dalam Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik.

Antara melaporkan, Rizal Sukma mencontohkan kesepakatan para pemimpin ASEAN bahwa pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik ditujukan untuk menjunjung tinggi arsitektur regional berdasarkan aturan.Namun bagaimana ASEAN akan melaksanakannya perlu kejelasan, salah satunya dengan memanfaatkan platform Konferensi Tingkat Tinggi Asia Timur.Selain itu, ASEAN tidak akan dapat mempertahankan sentralitas dan memainkan peran yang berarti di Indo-Pasifik, kecuali jika berbicara dengan satu suara tentang cara mengelola hubungannya dengan kekuatan besar di luar kawasan.Rizal Sukma menegaskan, kesepakatan tentang Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik adalah langkah tepat menuju arah itu. ant.

Read 372 times Last modified on Thursday, 29 August 2019 16:31