Thursday, 21 November 2019 09:44

Langkah Berani Menteri Erick Tohir Membawa BUMN ke Skala Global

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  merupakan perusahaan milik negara di sektor bisnis. Perusahaan ini memainkan peran vital untuk mendukung meningkatkan ekonomi Indonesia.  Sebagai perusaaan milik negara, BUMN memilki tanggungjawab membantu pemerintah untuk mensejahterakan rakyatnya.BUMN terus berkembang dari tahun ke tahun. Data Kementerian BUMN menyebutkan, Jumlah perusahaan yang dimiliki mencapai 143 perusahaan dengan nilai aset Rp 8,000 triliun. Kontribusinya terhadap APBN di tahun 2018 mencapai  Rp 420 triliun.

BUMN Indonesia memiliki produk-produk unggul di bidang dirgantara, misalnya berbagai pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia,  yang sudah dipasarkan di luar negeri. Selain itu, ada produk kereta api buatan PT INKA dan produk-produk lain.

Di sektor infrastruktur dan properti,  terdapat PT Adhi Karya, PT Waskita Karya, PT Jasa Marga, Wijaya Karya yang sudah merambah ke beberapa negara Afrika.

Capaian-capaian inilah yang membuat pemerintah mendorong agar BUMN tidak hanya menjadi perusahaan besar di dalam negeri tetapi juga di kancah global. Untuk merealisasikan cita-cita tersebutPresiden Joko Widosdo mengangkat dua wakil menteri BUMN untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Keduanya adalah Kartika Wirjoatmodjo yang sebelumnya Direktur Utama PT Bank Mandiri dan Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium.

Kementerian BUMN adalah satu-satunya Kementerian di pemerintahan Joko Widodo yang memiliki dua wakil menteri. Tentu saja, hal ini bertujuan agar BUMN menjadi perusahaan besar yang mempunyai reputasi global. Presiden Joko Widodo meminta agar menteri dan wakil menteri bekerjasama untuk membuat BUMN mempunyai reputasi global.

Dalam mewujudkan visi dan misi Presiden Joko Widodo, Menteri BUMN, Erick Thohir  mengambil langkah berani dengan menyegarkan jajaran pimpinan birokrasi Kementerian BUMN.  Sebanyak tujuh eselon 1 digeser ke posisi baru di berbagai BUMN. Hal itu dilakukan untuk membawa BUMN bersaing secara global.

Langkah berani Menteri Erick Tohir patut didukung dan kita akan menunggu hasilnya. Diharapkan ke depan, Menteri BUMN Erick Tohir konsisten dalam mengambil langkah-langkah berani terlepas dari intervensi politik yang dapat mengganggu kinerja BUMN.

Read 801 times