Monday, 18 November 2019 08:00

Gempa Bumi Di Indonesia, Dalam Perspektif Pariwisata.

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Gempa bumi kembali terjadi di wilayah Indonesia, kali ini di Ambon. ibukota provinsi Maluku. Diberitakan, sekitar 90 rumah penduduk di kota Ambon rusak akibat gempa yang terjadi pekan lalu. Gempa bumi akhir akhir ini sering mengguncang beberapa wilayah Indonesia termasuk  kawasan pariwisata Sebagian wilayah Bali, dan Sulawesi Utara misalnya, juga tidak luput dari gempa bumi yang mengakibatkan rusaknya rumah penduduk dan sarana publik. Selain gempa, Indonesia juga kerap dilanda bencana yang  ditimbulkan akibat letusan gunung berapi. Gunung Merapi di Jawa Tengah adalah yang paling sering meletus. Semburan awan panas telah menyebabkan kawasan di sekitar gunung berapi itu terkena dampak, yaitu debu vulkanik . Sebagaimana Bali dan Sulawesi Utara, daerah sekitar Merapi juga merupakan  obyek wisata. Salah satunya adalah Candi Borobudur yang merupakan sasaran kunjungan wisatawan asing.

Bencana alam, boleh jadi merupakan penyebab  sebagian  wisatawan enggan  mengunjungi Indonesia. Berbagai  informasi menyesatkan  mengenai bencana bisa saja menyurutkan niat berkunjung mereka atau membatalkan jadwal yang sudah disusun. Namun bagi sebagian besar wisatawan asing yang akan berkunjung ke Indonesia, informasi mengenai bencana khususanya gempa bumi dan letusan gunung berapi tidak menjadi faktor yang dapat menyurutkan keinginan berwisata ke Indonesia. Bali yang sering terguncang baik oleh gempa bumi atau erupsi gunung Agung, tetap saja menjadi lokasi favorit bagi wisatawan mancanegara.

Tidak menurunnya antusiasme berkunjung ke Indonesia, disebabkan antaralain karena adanya sistem informasi yang semakin hari semakin baik. Instansi pemerintah Indonesia yang bertanggung jawab atas informasi bencana telah berupaya meningkatkan kinerja dan melengkapi diri dengan paralatan deteksi yang cukup canggih. Sekecil apapun gempa yang terjadi, kini senantiasa dapat terdeteksi. Seiring dengan itu,  upaya penanggulangan juga dilakukan dengan cepat.

Tak dapat dipungkiri, Indonesia memang salah satu negara yang kerap dilanda gempa dan erupsi gunung berapi. Walaupun demikian, hal ini tak perlu  menjadikan Indonesia menakutkan. 

Read 777 times