Friday, 29 November 2019 06:19

Bhima Yudhistira: Chile Miliki Potensi Perdagangan Yang Bagus Bagi Indonesia

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
foto : VOI foto : VOI

 

Bhima Yudhistira Adhinegara, Peneliti Institute for Development of Economics and Finance-Indef, mengatakan Chile memiliki potensi perdagangan yang bagus bagi Indonesia karena meskipun termasuk negara kecil, Chile adalah pintu masuk bagi Indonesia ke negara-negara Amerika Latin lainnya. Hal tersebut dikatakan Bhima Yudhistira seusai gelar wicara Diplomatic Forum yang diselenggarakan Voice of Indonesia, di Auditorium Jusuf Ronodipuro, RRI, Jakarta, Kamis (28/11). Menurutnya, Indonesia dapat memperbaiki hubungan dagang dengan Chile dengan mengoptimalkan perdagangan berbagai komoditas seperti makanan, minuman, komponen otomotif, dan lainnya.

“Jadi kalau kita memperbaiki hubungan kerjasama perdagangan lebih optimal dengan Chile, contohnya, satu, makanan minuman, yang kedua komponen otomotif, yang ketiga komponen listrik, yang keempat terkait komoditas seperti sawit, coklat, karet, itu banyak permintaan ke Amerika Latin”.

Lebih lanjut Bhima Yudhistira mengatakan jika ingin serius menjalin kerjasama dengan Chile, pemerintah Indonesia harus menekan biaya logistik dengan bekerjasama dengan pihak logistik dan kargo serta memberikan insentif dari pemerintah. Hal tersebut dilakukan, lanjut Bhima, karena letak Chile yang sangat jauh dari Indonesia, sehingga pengiriman barang ke Chile tidak memakan banyak biaya. (VOI/AHM)

Read 706 times