Friday, 04 September 2020 12:51

Upaya dan Kebijakan Pemerintah IndonesiaLawan Covid 19

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Foto:Antaranews Foto:Antaranews

 

Pemerintah Indonesia  mendorong produksi alat pelindung diri dan alat-alat medis lainnya buatan Indonesia dengan bahan baku 100 persen dari Indonesia. Alat pelindung diri itu memenuhi standar Internasional AATCC 42 (American Association of Textile Chemists and Colorists ) dan ISO serta ASTM (American Society for Testing and Materials). Demikian disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid 19, Wiku Adisasmito dalam keterangan pers melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis(3/9). Wiku Adisasmito menjelaskan, langkah itu adalah salah satu dari upaya dan kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam menekan persebaran Covid 19. Ia menambahkan, inovasi lain yang dilakukan adalah membuat ventilator dan masker kain dengan kampuan setara masker bedah.

"Kedua, Inovasi bidang lain membuat ventilator buatan Indonesia yang telah teruji klinis dengan baik. Yang ketiga, telah memproduksi masker kain, dengan kemampuan filtrasi setara masker bedah dan masker kain tersebut  bisa digunakan ulang. Serta mengembangkan vaksin dalam negeri melalui konsorsium Eijkman dan Biofarma, yaitu vaksin Merah Putih,"

Wiku Adisasmito menambahkan, target Pemerintah Indonesia ke depan  dalam penanganan COVID-19  diantaranya adalah melindungi yang rentan, penderita komorbid, lanjut usia, termasuk tenaga kesehatan. Langkah lain yang akan dilakukan pemerintah adalah  menekan kasus aktif meningkatkan kesembuhan, dan menurunkan kematian. Meningkatkan jumlah  testing, “tracing” dan “treatment”, melakukan vaksinasi dan meningkatkan ketersediaan reaagent, PCR dan alat pelindung diri, juga menjadi target pemerintah Indonesia.//(YouTube sekretariat presiden/nouva)Mar

Read 202 times Last modified on Friday, 04 September 2020 19:24