Thursday, 29 March 2018 11:01

72 Pemuda Asing Pelajari Budaya Lokal Indonesia.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Sebanyak 72 pemuda asing dari 44 negara menerima Program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) ke 16 dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (RI) di tahun 2018. Rencananya, seluruh penerima beasiswa tersebut akan disebar ke beberapa daerah di Indonesia untuk mempelajari kesenian dan budaya selama kurang lebih tiga bulan. Selain itu para penerima beasiswa juga akan mendapatkan kesempatan langsung berinteraksi dengan masyarakat lokal dan merasakan bagaimana kemeriahan perayaan keagamaan atau budaya setempat. Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI, Cecep Herawan dalam sambutannya di peresmian Program BSBI di Jakarta, Rabu 28 Maret 2018.

“ Selanjutnya dalam tiga bulan ke depan, semua penerima beasiswa akan tinggal dan belajar di enam provinsi atau kota, Bali Yogyakarta, Banyuwangi, Padang, Makassar, dan Kutai Kartanegara.  Selain tinggal bersama di sekitar pusat seni, para penerima beasiswa juga akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan masyarakat lokal dan merasakan kemeriahan perayaan keagamaan dan budaya termasuk Ramadhan “.

Cecep Herawan menambahkan, para penerima beasiswa ini diharapkan akan menjadi sahabat dari Indonesia atau friends of Indonesia di masa mendatang. Program BSBI merupakan program rutin yang telah dilaksanakan oleh Kementerian Luar Negeri sejak tahun 2003. Program BSBI sejak awal pelaksanaannya telah menghasilkan 776 lulusan dari 69 negara yang menjadi friends of Indonesia dan juga membantu promosi Indonesia di negara masing-masing. Program BSBI ke 16 dimulai pada 24 Maret 2018 dan akan ditutup dengan pagelaran budaya akbar dari para peserta program bertajuk Indonesia Channel pada tanggal 4 Juli 2018. Program BSBI ke 16 kali ini mengusung tema “The Colours of Beautiful Indonesia” dengan mengeksplorasi kekayaan budaya serta kehidupan masyarakat yang penuh dengan kebhinekaan dan nilai toleransi didalamnya. (Rezha)

Read 677 times Last modified on Thursday, 29 March 2018 13:59