Thursday, 12 November 2020 08:45

Sejumlah Perusahaan Indonesia Diskusikan Kerjasama Vaksin dengan Rusia

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobyova Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobyova Screenshot Press Briefing Embassy of Russia

VOI NEWS - Duta besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobyova kembali menekankan kesiapan Rusia untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam pengembangan vaksin Covid-19. Dalam keterangan pers yang disampaikan secara virtual, Rabu (11/11/2020) di Jakarta, Duta Besar Lyudmila Vorobyova mengatakan bahwa sejumlah perusahaan asal Indonesia telah menyampaikan ketertarikan untuk bekerja sama dengan Rusia untuk mengembangkan vaksin. Ia pun kembali menegaskan sikap Rusia yang mendukung Indonesia dalam mendorong kesamaan hak bagi semua negara di dunia untuk mendapatkan akses terhadap vaksin Covid-19.

"Saya ingin menekankan bahwa Rusia siap untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam hal produksi dan distribusi vaksin. Kami mendukung posisi Indonesia bahwa semua negara baik kecil ataupun besar harus memiliki akses yang sama terhadap vaksin anti-virus corona dan kami siap untuk bekerja sama dalam area ini. Prosposal kami telah diajukan kepada pihak berwenang Indonesa. Beberapa perusahaan Indonesia telah menunjukkan ketertarikan dan sejumlah pembicaraan dan konsutasi telah berjalan," kata Lyudmila Vorobyova.

Lyudmila Vorobyva menyampaikan bahwa vaksin Sputnik V milik Rusia telah didaftarkan kepada Badan Kesehatan Dunia (WHO). Rusia mengklaim bahwa mereka menjadi negara pertama yang telah mendaftarkan vaksin buatan mereka ke WHO. Lyudmila mengatakan bahwa saat ini Sputnik V sudah memasuki tahap uji klinis akhir yang melibatkan lebih dari 40 ribu orang dan Rusia telah siap untuk melakukan vaksinasi massal. Selain Sputnik V, menurutnya, saat ini produsen vaksin Rusia juga tengah mengembangkan 2 jenis vaksin lainnya yaitu Vektor Vaccine dan EpiVac. (VOI/Ndy/R)

Read 535 times Last modified on Friday, 13 November 2020 07:57