Wednesday, 25 November 2020 08:47

Sekjen ASEAN: Media Bertanggung Jawab Berantas Informasi Salah

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Voinews.id Voinews.id

Peran media sebagai penggerak perubahan sangat penting dalam mewujudkan agenda integrasi dan pembangunan komunitas ASEAN. Narasi yang disampaikan media berkontribusi dalam membentuk opini publik. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi dalam sambutannya pada pembukaan Forum Media ASEAN ke-4 2020 yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (24/11). Dia menambahkan selama pandemi, jurnalis dan editor memiliki peran pentingdalam menjalankan jurnalisme yang bertanggung jawab.

“Pandemi telah menunjukkan, lebih dari sebelumnya, peran penting jurnalis dan editor dalam menjalankan jurnalisme yang bertanggung jawab dengan memberantas informasi yang salah yang dapat menyebabkan kebingungan dan kepanikan di masyarakat. Karena itu, kami bergantung pada Anda dalam membantu kami menginformasikan, mendidik, dan memberdayakan masyarakat ASEAN.”

Lebih lanjut Dato Lim Jock Hoi mengatakan dia juga menyambut baik pandangan dan gagasan media dalam membantu Sekretariat ASEAN untuk lebih mendukung peran media dalam menyampaikan berita tentang ASEAN kepada khalayak yang lebih luas.  ASEAN Media Forum (AMF) adalah forum berkumpulnya editor senior dengan para pemimpin ASEAN untuk membahas masalah penting yang mempengaruhi kawasan. Karena adanya pandemi COVID-19, acara tersebut berlangsung secara daring. Topik tahun ini antara lain berfokus pada pandemi COVID-19 dan kerangka kerja pemulihan ASEAN. (VOI / AHM)

Read 364 times Last modified on Wednesday, 25 November 2020 15:31