Wednesday, 02 May 2018 13:26

Muslim Dihimbau Untuk Bersatu Guna Membawa Kebaikan Bagi Seluruh Umat Manusia.

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Wasatiyyat, cara hidup seimbang atau cara hidup moderat yang telah menjadi jalan Islam, penting untuk dihidupkan terutama pada saat ini dimana iklim ekstremisme berkembang. Hal itu disampaikan oleh Dr. Muzammil H. Siddiqi, Ketua Dewan Fiqh Amerika Utara, Universitas Chapman, Orange, California untuk RRI World Service, Voice of Indonesia di sela-sela Forum Konsultasi Tingkat Tinggi Ulama dan Cendekiawan Muslim Sedunia tentang Wasatiyyat (High Level Consultation of World Muslim Scholars on Wasatiyyat Islam) yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat, Indonesia dari 1-4 Mei 2018.

Muzammil Siddiqi mengatakan saat ini ada banyak orang termasuk muslim yang kehilangan wasatiyyat atau keseimbangan. Karena itu dia menghimbau untuk bersatu untuk membawa kebaikan bagi kemanusiaan.

“Beberapa orang sangat liberal, sekuler, mereka kehilangan makna dari agama mereka, beberapa orang sangat konservatif, jadi kami islam menyatukan orang. Muslim harus bersatu, tetapi kita tidak akan bersatu melawan siapa pun, kita tidak bersatu melawan orang Kristen, melawan orang Yahudi, melawan Hindu, Budha, kita harus membawa kebaikan kepada semua orang karena nabi kita adalah rahmatan lil alamin.”

Siddiqi juga mengatakan, Islam sebagai agama yang membawa rahmat menekankan untuk tidak hanya memperhatikan umat Islam, tetapi juga umat manusia pada umumnya, karena semua manusia seperti anak-anak adalah manusia yang hidup, sehingga mereka semua adalah saudara laki-laki dan perempuan dalam makna kemanusiaan. Dia menekankan bahwa Islam harus peduli untuk semua, dan inilah yang dimaksud keseimbangan atau wasatiyyat. DP

Read 607 times