Wednesday, 09 May 2018 12:33

Pengembangan Ikan Lokal Indonesia Perlu Dioptimalkan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Indonesia memiliki potensi besar untuk meningkatkan ekspor ikan ke berbagai negara. Oleh karena itu dibutuhkan pengembangan berkesinambungan dan dukungan kebijakan dari pemerintah Indonesia agar pengembangannya lebih optimal.  Demikian dikatakan Ketua Masyarakat Iktiologi  Indonesia, Sulistiyono di sela-sela acara Seminar Nasional Ikan ke-10 dan Kongres Masyarakat Iktiologi Indonesia (MII) ke-5 di Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI),Cibinong Bogor,Jawa Barat  Selasa (8/5).

‘’Jadi ingin sekali membuat kerangka pemikiran untuk mengembangkan perikanan terutama berkaitan dengan pelestarian, pemanfaaatan dan juga pengolahan serta perekonomian. Sumber daya kita banyak tetapi kita tidak bisa memanfaatkan juga kurang berguna. Seharusnya kita mengembangkan ikan lokal tetapi bernilai internasional. Beberapa sudah banyak, misalnya ikan Betutu, ikan betutu ikan lokal, bisa diekspor ke Singapur harganya banyak. Belum lagi ikan hias lainnya, ikan cardinal itu hanya ada di Indonesia, bisa dikembangkan tentu ekspornya harganya juga mahal. Kita manfaatkan ikan lokal untuk bisa mendapatkan devisa negara. Itu intinya tetapi memang sebenarnya selama ini kecil–kecil juga sudah dilakukan tapi dari policy nasional kayanya perlu didukung’’.

Sementara itu, Rektor Institut Pertanian Bogor, Arief Satria mengatakan dengan keberagaman hayati ikan yang dimiliki di Indonesia, sudah seharusnya Indonesia mencermati sejumlah  ikan agar tidak punah yaitu melalui konservasi serta budidaya berkelanjutan. (voi/AF)

Read 731 times Last modified on Wednesday, 09 May 2018 13:17