Wednesday, 09 May 2018 12:31

Mahasiswi UGM Dampingi Dubes Denmark Jalankan Tugasnya

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta Rudang Cecilia Pinem selama satu hari berkesempatan untuk mendampingi Duta Besar (Dubes) Denmark untuk Indonesia, Rasmus Abildgaard Kristensen menjalankan tugasnya melalui kegiatan Ambassador One Day. Kesempatan tersebut diraih oleh Cecilia melalui kompetisi essay bertema anti korupsi yang digelar oleh Kedutaan Besar Denmark untuk Indonesia. Tulisan Cecilia mengenai potensi kerjasama Indonesia dan Denmark dalam pemberantasan korupsi berhasil menggungguli lebih dari 500 essay lain karya mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kepada awak media pada Selasa, (8/5) di Jakarta, Cecilia mengatakan tulisannya memberikan perbandingan bagaimana upaya pemberantasan korupsi di Indonesia dan Denmark yang telah dilakukan selama ini.

‘’Jadi dari essaynya sendiri itu temanya adalah bagaimana orang – orang dan budaya Indonesia bisa berkontribusi melawan korupsi dengan influensi dari Denmark. Jadi, menurut aku sendiri temanya sangat menarik, karena itu aku mau masuk. Karena di dalam essay ini aku bisa compare antara Indonesia dan Denmark. Menurut aku comparison itu bukan hal yang harus ditakuti atau tidak boleh. Karena comparison itu baik buat kita as a state. Jadi kita bisa tahu bagaimana perkembangan kita dibanding dengan negara – negara lain. Jadi kita bisa tahu siasat kita untuk kedepannya, untuk berkembang’’.

Cecilia juga berharap, keikutsertaannya dalam Ambassador One Day kali ini membuat kaum muda Indonesia terdorong untuk banyak terlibat dalam kegiatan yang melibatkan pihak luar. Karena melalui kegiatan tersebut kaum muda Indonesia dapat belajar banyak mengenai diplomasi dan politik internasional. Kegiatan Ambassador One Day yang digelar oleh Kedutaan Besar Denmark bekerjasama dengan the Habibie Center kali ini merupakan kali kelima sejak pertama kali digelar pada tahun 2013. Selain berkesempatan mendampingi Dubes Kristensen dalam menjalankan tugasnya, Cecilia melakukan perjalanan studi ke Copenhagen, Denmark selama satu pekan pada musim gugur mendatang. Di Copenhagen, Cecilia akan bertemu dengan pejabat Kementerian Luar Negeri Denmark, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Copenhagen, dan institusi terkait lainnya termasuk organisasi pemuda untuk mempererat hubungan bilateral Denmark dan Indonesia. (voi/Rezha)

Read 806 times Last modified on Thursday, 10 May 2018 09:46