Monday, 04 June 2018 10:57

WNI di Mesir Harus Pahami Pancasila Sebagai Jati Diri Bangsa

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Warga Negara Indonesia (WNI) di Mesir dituntut untuk lebih meningkatkan pemahaman nilai-nilai Pancasila untuk memperkuat ketahanan dan jati diri bangsa di tengah lingkungan dengan berlatar belakang beragam ideologi. Demikian dikatakan Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzi, pada peringatan Hari Lahir Pancasila di Kedutaan Besar RI di Kairo, Minggu (3/6). Helmi mengatakan, pemahaman Pancasila bagi WNI di luar negeri merupakan hal yang mutlak untuk membentengi mereka dari pengaruh paham dan ideologi asing.

“Kita harus senantiasa ingat bahwa Pancasila adalah falsafah hidup bangsa Indonesia yang membentuk jati diri kita sebagai suatu bangsa. Karena itu pada kesempatan ini kami ingin menyatakan bahwa selain peringatan Pancasila 1 Juni 2018 ini, KBRI Kairo juga akan menyelenggarakan sejumlah kegiatan, dalam rangka mengisi hari-hari Pancasila. Akan digelar sejumlah kegiatan, apakah lomba penulisan, lomba pidato, merangkum pemikiran-pemikiran kaum muda terkait dengan Pancasila.”

Helmy menambahkan, nilai-nilai yang ada didalam Pancasila yang menjadi prinsip bangsa Indonesia juga selayaknya diperkenalkan secara luas. Sikap toleran atas kemajemukan ragam suku bangsa dianggap sesuai untuk dikenalkan kepada warga Mesir sebagai negara demokrasi. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kairo yang seharusnya dilakukan pada hari Jumat, 1 Juni diselenggarakan pada Minggu. Pergeseran hari upacara menyesuaikan dengan hari libur di Kairo yang jatuh pada hari Jumat dan Sabtu. (voi/rian)

Read 557 times Last modified on Tuesday, 05 June 2018 05:49