Friday, 20 August 2021 13:48

“Merendang Dunia” Cikal Bakal Rendang Masuk Warisan Budaya UNESCO

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

(Voinews.id) Minangkabau merupakan salah dari ribuan jenis etnis bangsa yang ada di Indonesia.
Salah satu warisan budaya nya yang terkenal adalah Rendang.
Rendang merupakan makanan berbahan utama dari daging sapi dan daging lainnya dengan menggunakan santan .Makanan ini dibuat menggunakan berbagai macam rempah.Rendang ini sudah cukup dikenal diseluruh dunia.
Untuk lebih memperkenalkan rendang di Belahan dunia,digelar acara bertajuk “Virtual Memasak Rendang Se- Dunia”
Lantamal II Padang yang di komandani Laksamana pertama TNI Hargianto.S.E,M.M.,M.si(han ) yang merupakan Putera daerah asal Padang, mengaku merasa terpanggil agar rendang dapat terdaftar dalam UNESCO dan diakui dunia.
“ Kami menggelar acara ini agar masyarakat luas khususnya Dunia paham dan mengerti, jika Rendang berasal dari Indonesia dan tepatnya lahir dari kuliner Padang yang tersohor di Indonesia “ Ujar Hargianto saat di Wawancari VOI, Jumat (20/8/2021)
“Virtual Memasak Rendang Se- Dunia” rencananya akan dihadiri secara virtual oleh ibu Negara Iriana Joko Widodo di Lantamal II padang.
Beberapa narasumber lain juga akan terlibat dalam acara merendang dunia secara virtual tersebut antara lain, Hilmar Farid Dirjen kebudayaan Kemdikbud,Prof dr Fasli Jalal Pembina Diaspora minang,Dr Dino Pati jalan Presiden Diaspora minang,Prof dr Surya Rosa Putra wakil delegasi tetap UNESCO dan dr Fauzi Bahar sebagai Pembina asosiasi rendang.
Selain guna mengangkat Rendang agar dapat diakui Badan Dunia UNESCO sebagai warisan udaya dari suatu bangsa, Memasak Rendang dapat juga dijadikan usaha masyarakat mulai dari usaha kecil menengah hingga ke atas dan makin dapat dikenal luas serta dinikmati oleh penduduk dunia. (Ab/BCS)

Read 456 times Last modified on Friday, 20 August 2021 16:26