Friday, 17 September 2021 08:52

Untuk Hubungan Dagang, Indonesia Masih Tunggu Perkembangan Situasi Afghanistan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

(voinews.id)Indonesia dan Afghanistan memiliki sejarah panjang hubungan bilateral di berbagai bidang. Namun setelah Taliban mengambil alih pemerintahan Afghanistan, Indonesia masih menunggu untuk dapat meningkatkan hubungan kerjasama perdagangan. Demikian dikatakan Negosiator Perdagangan Ahli Muda Sub Koordinator Asia Selatan dan Tengah, Direktorat Perundingan Bilateral, Kementerian Perdagangan RI, Wisnu Widiyantoro dalam acara Diplomatik Forum yang diselenggarakan Voice of Indonesia RRI di Jakarta Kamis (16/9).  

“Kementerian Perdagangan RI belum melakukan kontak dengan perwakilan Afghanistan di Indonesia, apakah ada Kementerian Perdagangan Afghanistan. Karena di rilis terakhir pihak Taliban, tidak ada Kementerian Perdagangan dalam susunan kabinet mereka. Sehingga Indonesia tidak tahu apakah masih bisa menghubungi kontak di Afghanistan yang biasa kami hubungi sebelumnya.”

Lebih lanjut, Wisnu Widiyantoro menyatakan, pada tahun 2020, Duta Besar Afghanistan untuk Indonesia, Faizullah Zaki berkunjung ke kementerian Perdagangan RI. Menurut Wisnu, Dubes Zaki menginginkan adanya perjanjian ekonomi yang kuat, agar dapat meningkatkan hubungan dagang kedua negara. Namun saat ini pemerintahan Afghanistan sudah diambil alih Taliban, sehingga menurut Wisnu , Indonesia masih memantau perkembangan situasi di Afghanistan. (voi/af/edit r)

Read 153 times Last modified on Friday, 17 September 2021 13:22