Friday, 17 September 2021 11:35

Pakistan Dorong Internasional Bicara dengan Pemerintahan Baru Afghanistan

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

(voinews.id)Pakistan menjadi salah satu negara tempat pengungsian warga Afghanistan,usai Taliban merebut kembali pemerintahan Afghanistan. Keberadaan jutaan pengungsi asal Afghanistan itu memberikan dampak tersendiri bagi Pakistan. Demikian dikatakan Wakil Kepala Misi Kedutaan Pakistan untuk Indonesia,Muhammad Faisal Fayyaz dalam acara Diplomatik Forum yang diselenggarakan Voice of Indonesia RRI di Jakarta Kamis (16/9). Fayyaz juga mengatakan keberadaan pengungsi  menjadi tantangan besar bagi Pakistan sebagai negara yang berbatasan langsung dengan Afghanistan. Oleh karena itu,  Pakistan mengajak dunia internasional untuk membantu Afghanistan.

“Jumlah pengungsi Afghanistan lebih dari 3 juta. Saat ini dampak sosialnya begitu besar karena sumber daya Pakistan terbatas. Anggaran dan sumber daya Pakistan terbatas. Pakistan merupakan negara berkembang dan bukan negara maju yang dapat membangun populasi yang besar. Oleh karena itu, Pakistan mendorong komunitas internasional untuk berbicara dengan pemerintahan baru Taliban dan tidak mengasingkan mereka”

Muhammad Faisal Fayyaz juga mengatakan keberadaan, pengungsi Afghanistan di Pakistan tentunya memberikan dampak bagi perekonomian Pakistan. Fayyaz berharap situasi di Afghanistan segera membaik dan perdamaian dapat tercipta, sehingga para pengungsi Afghanistan dapat kembali ke negaranya. (voi/af/edit r)

Read 168 times Last modified on Friday, 17 September 2021 13:05