Tuesday, 26 June 2018 08:24

Jepang Bantu Indonesia Cegah Aksi Terorisme Pada Asian Games 2018

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono mengatakan Pemerintah Jepang menyepakati kerjasama penanggulangan aksi terorisme dengan Indonesia. Salah satu bentuk dari kerjasama tersebut adalah pemberian bantuan berupa hibah sistem keamanan biometrik berupa pendeteksi wajah yang akan dipasang di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Pemasangan sistem keamanan tersebut dilakukan sebagai bentuk peningkatan pengamanan menjelang gelaran Asian Games pada pertengahan Agustus hingga September tahun ini. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Taro Kono, usai pertemuan the 6th Strategic Dialogue antara Indonesia dan Jepang di Jakarta, Senin, 25 Juni.

“Jepang akan mendukung berbagai kegiatan melawan ekstrimisme dengan kekerasan. Japan juga akan menyediakan bantuan dalam menanggulangi terorisme. Tahun lalu Jepang menyediakan sebuah sistem keamanan biometrik untuk dipasang di Stadion Gelora Bung Karno untuk penyelenggaraan Asian Games 2018.”

Menteri Luar Negeri Kono menambahkan, selain memberikan bantuan sistem keamanan biometrik, Jepang dan Indonesia saat ini juga terus melakukan kerjasama untuk memberikan pelatihan kepada negara–negara lain yang menggunakan sistem keamanan tersebut. Sistem keamanan biometrik yang dikembangkan oleh Jepang merupakan sistem keamanan canggih yang mampu mendeteksi wajah dan identitas puluhan hingga ratusan orang dalam satu waktu yang singkat. (Rezha)

Read 515 times Last modified on Tuesday, 26 June 2018 09:17