Tuesday, 03 July 2018 10:59

Turis Tiongkok Dominasi Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Foto : VOI Foto : VOI

 

Kunjungan wisatawan mancanegara pada bulan Mei tahun ini didominasi kunjungan wisatawan asal Tiongkok. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat lebih dari 181.000 wisatawan asal Tiongkok mengunjungi Indonesia pada bulan Mei tahun ini. Sedangkan untuk kunjungan wisatawan mancanegara yang dilihat berdasarkan kawasan atau wilayah, Asia Tenggara atau negara–negara ASEAN mendominasi kunjungan pada periode Januari hingga Mei tahun ini. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua BPS, Kecuk Suhariyanto dalam konferensi persnya di Jakarta, Senin, 2 Juli.

Berdasarkan kebangsaan, tidak banyak berubah, pada bulan Mei ini wisman paling banyak berasal dari Tiongkok, 15,11 persen, disusul Malaysia 15 persen, kemudian dari Timor Leste, Australia, dan Singapura. Jadi jumlah wisman yang datang ke Indonesia terbanyak masih berasal dari lima negara tersebut. Kalau berdasarkan kawasan atau wilayah bisa dilihat, yang kita tampillkan adalah Januari-Mei 2018 kumulatifnya supaya datanya lebih firm. Di ASEAN bisa dilihat pada Januari-Mei 2018 itu meningkat jumlah wisman yang berasal dari ASEAN.

Suhariyanto menambahkan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada Mei 2018 juga mempengaruhi perkembangan transportasi baik udara, laut, maupun kereta api. Untuk transportasi angkutan udara domestik tercatat 7,27 juta dan penerbangan internasional 1,41 juta orang. Penumpang kapal tercatat 1,74 juta orang dan penumpang angkutan kereta api, berjumlah 35,48 juta orang. (voi/Rezha)

Read 472 times