Wednesday, 11 May 2022 08:52

Diplomatic Forum yang ke – 41 yang diadakan RRI Voice of Indonesia menghasilkan berbagai pandangan dari berbagai negara mengenai transisi Pandemi ke endemic.

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Voice of Indonesia Kembali menyelenggarakan acara Diplomatic Forum yang ke 41 dengan tema  “ Dari Pandemi ke Endemi, Bagaimana Dunia Belajar Hidup Berdampingan dengan Covid-19 . Tema yang diusung dalam Diplomatic Forum yang berlangsung di Jakarta hari Selasa (10/5)   dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan,  mengenai kesiapan negara-negara, termasuk Indonesia  untuk mengubah status Pandemi ke Endemi, serta  bagaimana dampaknya perubahan status tersebut  terhadap pembangunan ekonomi negara- negara di dunia. Duta Besar India untuk Indonesia  Manoj Kumar Bharti yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan dunia harus mampu untuk dapat hidup berdampingan dengan Covid-19, namun tetap mewaspadai virus yang dapat mematikan tersebut.

 

“Jadi saran saya yaitu kita tinggalkan pandemi ini sekarang. Sekarang itu 70 persen dari populasi sudah diokulasi, divaksinasi selama kita mengambil tindakan pencegahan yang normal dari hubungan sosial. Kita sekarang harus menjadikan pandemi ini dengan  definisi lain dari Flu. Jadi mari kita jalani hidup kita dengan biasa, berhati-hati, dan tetap sadar akan kenyataan bahwa virus ada di sekitar kita.

 

Sementara itu Direktur Promisi Pariwisata, Kedutaan Besar Malaysia untuk Indonesia, Junus Suhid yang juga hadir dalam acara Diplomatic Forum ke 41 mengatakan, dunia sudah cukup menderita dengan merebaknya virus Covid-19. Oleh karena itu menurut  Junus Suhid  setiap negara harus tetap berupaya optimal untuk menanggulangi penyebaran covid-19, sehingga status endemi dapat terjaga.

 

Setiap orang sangat senang berada di status endemik. Tetapi dalam keinginan kami untuk merevitalisasi ekonomi Malaysia dan menjadikan penghidupan lebih bermakna, menurut saya kita harus menyikapi Standard Operating Procedures (SOP) yang diberikan oleh pemerintah. Kita harus menjaga keseimbangan agar endemik tetap menjadi endemik. Kami tidak ingin wabah datang kembali. Kami sudah sangat menderita. Oleh karena itu perhatikan semua SOP yang diberikan oleh pemerintah.

 

Sementara Pemerintah Indonesia belum mengumumkan transisi dari Pandemi ke Endemi. Bahkan Presiden Joko Widodo  memandang bahwa transisi ini harus dilakukan secara hati- hati melalui berbagai tahapan. Ahmad Faisal melaporkan.

Read 329 times Last modified on Wednesday, 11 May 2022 09:04