Thursday, 14 July 2022 11:32

Gelombang panas, kebakaran hutan terjadi di Portugal dan Spanyol

Written by 
Rate this item
(0 votes)


(voinews.id)Kebakaran besar terjadi di hutan-hutan Portugal tengah dan Spanyol barat saat  gelombang panas menerpa.

Para ahli meteorologi memperkirakan suhu akan naik mendekati atau mencapai rekor tertinggi pada Rabu, yang kemungkinan akan memicu kebakaran lebih banyak lagi.

Hampir semua daratan Portugal berada dalam status siaga terhadap kondisi panas ekstrem.

Suhu di distrik Santarem di timur laut Lisbon diperkirakan mencapai 46 derajat Celsius, menurut lembaga cuaca IPMA. Sementara rekor suhu 47,3 derajat Celsius tercatat di negara itu pada 2003.

Organisasi Meteorologi Dunia pada Selasa memperingatkan bahwa gelombang panas menyebar dan meningkat di sebagian besar Eropa.

Di Lisbon, suhu diperkirakan akan mencapai 43 derajat Celsius, mendekati rekor 44 derajat Celsius yang pernah tercatat di kota itu pada 2018.

Lebih dari 1.400 petugas pemadam kebakaran dengan dukungan 23 pesawat berusaha menjinakkan kebakaran hutan di seluruh negara yang didera kekeringan itu. Setidaknya dua kobaran api terbesar sedang membakar hutan di Portugal sejak Selasa.

AEMET juga mengatakan bahwa suhu dapat melampaui rekor 47,4 derajat Celsius sebelumnya di seluruh wilayah Spanyol yang tercatat pada Agustus 2021, dan 40,7 derajat Celsius di ibu kota Madrid.

 

antara

Read 218 times