Tuesday, 24 July 2018 11:44

Wapres Dorong Kerja Sama Kelautan Negara-Negara Pasifik

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
foto : rri.co.id foto : rri.co.id

 

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menghadiri forum kerjasama parlemen antara negara-negara pasifik, Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership di Jakarta, Senin. Acara yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat  DPR RI ini dihadiri oleh 13 delegasi parlemen dari 14 negara di kawasan Pasifik. Pertemuan bertema "Human Development and Maritime Sustainability" yang fokus mendorong sumber daya manusia dan keberlanjutan pembangunan negara maritim di Pasifik. Dalam sambutannya Wakil Presiden Jusuf Kalla mendorong peningkatan konektifitas multilateral dalam blue economy atau kegiatan ekonomi kelautan karena negara-negara Pasifik merupakan negara maritim di Samudera Pasifik.

“ Konsep blue ekonomi atau Blue Growth adalah konsep dimana kita mempunyai tiga hal yang perlu kita perhatikan, ialah pendapatan atau income yang didapat dari kegiatan maritime. Dua, konservasi dan proteksi ekosistim kelautan. Dan sosial cultural, characteristic community yang menghubungkan kita semua. Kita pada dasarnya mempunyai hubungan-hubungan sosial budaya “.  

Sementara itu Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo sebagai tuan rumah juga menyampaikan terima kasih atas partisipasi negara-negara Pasifik dalam memajukan kerjasama multilateral khususnya di bidang maritim. Disebutkannya Indonesia sebagai negara maritim dengan pulau terbanyak dan luas memiliki potensi sebagai negara besar dan berpengaruh ke empat di dunia. Indonesia juga turut serta berkontribusi dalam berbagai forum dan kegiatan kerjasama maritim dunia. Negara yang berpartisipasi dalam Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership antara lain Micronesia, Fiji, Kiribati, Nauru, Palau, Papua New Guinea, Marshall Island, Solomon Island, Tonga, Tuvalu, Polinesia dan New Caledonia. (voi/rizki)

 

 
Read 508 times