Thursday, 13 October 2022 19:36

Sertifikat Kematian WNI di Texas akan Segera Terbit

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Jakarta (voinews.id) - Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha mengatakan pemerintah Indonesia melakukan upaya percepatan penerbitan sertifikat kematian bagi jenazah Novita Kurnia Putri (25) warga negara Indonesia yang menjadi korban penembakan di Texas, Amerika Serikat.

"Alhamdulillah kita mendapatkan indikasi bahwa death certificate akan segera dikeluarkan tanggal 14 Oktober ini dan setelah itu perlu satu minggu untuk proses pemulangan jenazah ke Indonesia," katanya dalam Press Breifing di Kementerian Luar Negeri, Kamis (13/10) di Jakarta.

Judha mengatakan pemerintah Indonesia baik melalui Kementerian Luar Negeri di Jakarta maupun dengan menugaskan Konsul Jenderal RI Houston Andre Omer Siregar, untuk melakukan berbagai macam langkah baik dalam upaya penegakan hukum maupun memfasilitasi pemulangan jenazah.

"Pak Konjen Houston telah bertemu dengan Secretary of State di Austin, Texas dan juga kepada Kemlu AS melalui Office of Foreign Mission yang ada di Houston dan tentunya juga dengan aparat kepolisian," katanya.

Menurut Judha, upaya percepatan penerbitan Death Certificate dibutuhkan mengingat Death Certificate merupakan salah satu syarat untuk proses repatriasi.

Selain itu, menurut Judha, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri dan KJRI Houston juga telah menghubungi pihak keluarga dari korban.

Menurutnya pihak keluarga juga telah mengetahui perkembangan situasi penanganan pasca penembakan. Dirinya berharap proses pemulangan jenazah korban dapat berjalan lancar.

Read 207 times Last modified on Thursday, 13 October 2022 19:38