Friday, 14 October 2022 10:35

Menkominfo instruksikan percepat realisasi anggaran

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

(voinews.id)- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo ​​​​​​) Johnny G. Plate menginstruksikan civitas kementerian tersebut untuk mempercepat realisasi anggaran sebagai salah satu upaya meningkatkan resiliensi dan akselerasi transformasi digital.

"Kondisi dunia belum akan pulih bahkan gambarannya berpotensi lebih buruk, potensi stagflasi tahun 2023 bahkan resesi ekonomi sehingga kita harus menyiapkan diri kita dengan baik, harus menyiapkan Indonesia dengan baik agar mempunyai resiliensi atau daya tahan yang kuat untuk menghadapi tantangan yang luar biasa," kata Menteri Johnny saat Rapat Koordinasi Keuangan, dalam siaran pers, diterima Jumat.

Menurut Johnny, Presiden Joko Widodo sudah memberikan instruksi kepada penyelenggara negara untuk terus memitigasi dan melakukan uji ketahanan pada masing-masing sektor. Oleh karena itu, Kementerian perlu mengukur kemampuan masing-masing supaya bisa mengambil keputusan yang tepat.

"Harus kita ukur di tempat kita masing-masing agar kita bisa mengambil keputusan yang tepat dan keputusan yang tepat itu harus dikawal, tidak lagi dengan cara biasa-biasa," kata Menteri Johnny. Dia mengatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, baik yang dikelola pemerintah pusat maupun daerah, harus menjadi pendorong perekonomian.

"Pada saat pandemi maka transformasi digital menjadi keniscayaan dan Bapak Presiden memberikan tugas dan tanggung jawab itu kepada Kominfo, misalnya penggelaran infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi besar-besaran," kata Johnny. Menteri Johnny juga memerintahkan agar daya serap anggaran terus ditingkatkan.

Oleh karena itu, pejabat tinggi madya dan pratama di kementerian tersebut diminta mengawasi satuan kerja secara bersama-sama. "Mari kita sama-sama menerobos semua sekat-sekat yang selama ini ada tentu dengan akuntabilitas yang harus tetap terjaga karena kita inginkan juga dapat WTP (Opini Wajar Tanpa Pengecualian). Tentu itu harus dijaga. Tapi, kolaborasi, itu yang penting," kata Johnny.

 

antara

Read 212 times