Wednesday, 30 November 2022 10:49

Ukraina capai kesepakatan perdagangan digital dengan Inggris

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

(voinews.id)- Inggris pada Rabu mengatakan secara prinsip telah menyetujui kesepakatan perdagangan digital dengan Ukraina. Perjanjian tersebut menjadi perjanjian pertama negara di Eropa timur itu dalam upaya mencari dukungan ekonomi setelah diinvasi oleh Rusia. Inggris telah berusaha mendukung Ukraina selama perang. Mereka tidak hanya menyediakan senjata, tetapi juga mengambil langkah-langkah ekonomi, seperti menghilangkan tarif masuk bagi semua barang dari Ukraina.

Perundingan tentang kesepakatan digital tersebut dimulai pada musim panas dan dipercepat untuk mendukung perekonomian Ukraina selama perang dan setelahnya. "Kesepakatan ini akan membuat bisnis dan pemerintahan kami bisa berkolaborasi lebih banyak lagi dan memastikan rakyat Ukraina memiliki akses ke barang dan jasa penting perdagangan digital yang terbuka," kata Menteri Perdagangan Inggris Kemi Badenoch. "(Kesepakatan) ini akan membantu melindungi pekerjaan, mata pencaharian dan keluarga saat ini dan di masa depan pascaperang Ukraina."

Kesepakatan tersebut mencakup bidang-bidang seperti merampingkan proses perbatasan digital, aliran data lintas batas, transaksi elektronik dan tanda tangan elektronik. Yulia Svyrydenko, wakil menteri pertama Ukraina sekaligus menteri perdagangan dan ekonomi, akan berada di London untuk menandai kesepakatan tersebut.

"Kesepakatan Perdagangan Digital Inggris-Ukraina telah mengabadikan kebebasan inti untuk perdagangan barang dan jasa digital," kata Svyrydenko. Kesepakatan itu merupakan kesepakatan perdagangan digital kedua Inggris, setelah yang pertama dicapai dengan Singapura pada awal tahun ini.

 

Sumber: Reuters

Read 129 times