Tuesday, 10 January 2023 13:12

Pemerintah Tambah Slot Penerbangan Langsung Ke Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

 

(voinews.id) Pemerintah Indonesia menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 3,5 juta hingga 7,4 juta pada 2023. Untuk mendukung target tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan pemerintah menambah jumlah penerbangan langsung ke dalam negeri dalam waktu dekat. Dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (9/1) di Jakarta, penambahan tersebut diantaranya berasal dari Dubai, Qatar, Singapura, Australia dan beberapa negara ASEAN.

“Yang mau ada tambahan itu dari Qatar, Dubai yang sudah menyampaikan, termasuk juga kita ingin penambahan dari Singapura dan beberapa negara ASEAN, karena kita akan menjadi tuan rumah ASEAN tourism forum, juga akan ada penambahan penerbangan dari Australia menuju ke destinasi unggulan yaitu Bali”, ujar Sandiaga.

Sandiaga Uno menambahkan Presiden Joko Widodo juga telah memberikan arahan langsung untuk membuka penerbangan langsung dari India. Untuk itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan segera menjalin kerja sama dengan maskapai penerbangan dan Kementerian Perhubungan terkait agar penerbangan langsung dari India dapat segera terwujud, terutama ke Denpasar Bali dan Jakarta.

Selain pasar wisman, Menparekraf Sandiaga menegaskan pasar wisatawan nusantara (wisnus) juga akan menjadi penopang yang utama.

"Indonesia masih akan bertumbuh sekitar 5 persen, tentunya harus kita fokuskan untuk mendorong pergerakan wisatawan nusantara mencapai angka target 1,2 miliar sampai 1,4 miliar, kita akan sangat dorong dengan pergerakan wisatawan nusantara. Bagaimana dengan definisi pergerakan wisatawan nusantara yang bergerak antar kabupaten lebih dari 6 jam ini bisa dipicu dengan beberapa kegiatan-kegiatan seperti event, wisata kuliner, wisata shopping, wisata healing, maupun wisata-wisata di desa-desa wisata sekitar kita," kata Menparekraf Sandiaga.

Terkait hal tersebut, Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya mendorong agar penyelenggaraan event dapat dipromosikan di luar kabupaten sehingga masyarakat dapat tertarik untuk berkunjung.

"Supaya (event) bisa dinikmati oleh orang-orang di luar wilayah kabupaten itu dan terhitung sebagai wisatawan nusantara. Karena intinya pergerakan orang akan menimbulkan pergerakan ekonomi," kata Nia Niscaya.

Read 206 times Last modified on Tuesday, 10 January 2023 13:22