Tuesday, 07 February 2023 10:00

Total kunjungan wisman 2022 naik 251,28 persen

Written by 
Rate this item
(0 votes)

(voinews.id) Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada bulan Desember tahun 2022 sebanyak 895.000 kunjungan. Secara total, kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun 2022 hampir mencapai 5,5 juta kunjungan. Terkait hal ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Senin (6/2) di Jakarta mengungkapkan total kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mengalami peningkatan sebesar 251,28 persen dibandingkan tahun 2021. Adapun wisatawan mancanegara dengan tingkat kunjungan tertinggi berasal dari Singapura, Malaysia, Australia,Timor Leste dan India.

“Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia yang kita awalnya proyeksikan di 5,2, angka yang tercatat akhirnya hampir mencapai 5,5 juta kunjungan, naik 250% dibandingkan dengan tahun 2021. Siapa yang ada di leading. Singapura pertama 20,55%, Malaysia 17,98%, Australia 11, 42%, Timor Leste 8,4 dan India 5,61%”, ujar Sandiaga.


Sandiaga Uno menambahkan, kenaikan kunjungan wisatawan mancanegara ini, diiringi dengan kenaikan tingkat hunian kamar hotel klasifikasi bintang, sebesar hampir 57% dibanding tahun 2021. Rata-rata lama menginap tamu yang tercatat sekitar 1,62 hari, menurut Sandiaga, juga naik dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, Menparekraf pun terus mendorong para pelaku parekraf menciptakan paket-paket wisata yang lebih inovatif dan menambah penerbangan langsung.

Ia juga akan memperkenalkan 5 Destinasi Super Prioritas pada wisatawan mancanegara, dengan melakukan promosi kekinian melalui placement product.

“Produk-produk Indonesia yang diminati seperti kopi, kuliner Indonesia, ada juga fesyen yang nanti ditampilkan di New York, ini nanti kita akan promosikan destinasi destinasi super prioritas. Juga melalui promosi digital melalui tim markom yang akan mendorong lebih pendekatan lebih targeted dan segmented, sehingga awareness dari 5 DSP ini akan lebih meningkat di pasar pasar yang kita tuju,” kata Menparekraf.

Pada kesempatan tersebut, Menparekraf juga menanggapi Hong Kong kembali membuka wilayahnya untuk wisatawan mancanegara. Badan Pariwisata Hong Kong kini mempromosikan kampanye Hello Hong Kong dan menawarkan 500.000 tiket pesawat gratis.

Menurutnya, hal tersebut tidak menjadikannya sebuah tantangan, namun menjadikannya sebuah peluang dengan menawarkan paket-paket penerbangan langsung dari Hongkong ke destinasi-destinasi Indonesia, sebab destinasi Hongkong dan Indonesia memiliki daya tarik yang sangat berbeda.

“Kedua kami ingin sebisa mungkin untuk memberikan suatu penekanan bahwa ada program Bangga Berwisata Indonesia, ada kemungkinan jika kita tidak bisa menggenjot pergerakan wisnus 1,4 Miliar, ada net out dari wisatawan kita, lebih banyak wisatawan Indonesia yang berwisata ke luar negeri dari pada wisman yang datang ke Indonesia. Ini yang harus kita sikapi dengan penuh langkah-langkah yang kolaboratif, inovatif. sehingga kita masih bisa menarik wisman tapi bisa mendorong wisnus Bangga Berwisata di Indonesia,” kata Menparekraf.

Read 247 times