Friday, 03 August 2018 10:23

Kelompok Orkestra Spanyol Kembali Berkolaborasi Dengan Musisi Tradisional Indonesia

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Foto : VOI Foto : VOI

 

Kelompok orchestra asal Asturias, Spanyol, Orquesta De Camara de Siero-OCAS, kembali menggelar sejumlah konser musik kolaborasi bersama musisi tradisional Indonesia. Projek musik yang bertajuk Vinculos Untuk Indonesia 2018 ini dilaksanakan di provinsi Maluku, Sulawesi Tengah, Riau dan DKI Jakarta pada sepanjang bulan Agustus dan September 2018. Ini merupakan kali kedua OCAS berkunjung ke Indonesia setelah sukses menggelar konser bersama musisi tradisional Mataniari di Danau Toba, Sumatera Utara dan Kepulauan Seribu tahun lalu. Tahun ini OCAS kembali mempersembahkan sejumlah konser kolaborasi, edukasi, workshop, dan sejumlah kegiatan budaya dan sosial lainnya di kota Ambon, kabupaten Sigi dan Parigi Moutong, kota Pekanbaru dan Jakarta. Konduktor OCAS, Manuel Paz pada Kamis malam, 2 Agustus, di Ambon mengatakan, mereka akan berkolaborasi dengan kelompok musik tradisional Ambon, Tahuri dari Negeri Hutumuri. Pada konser tersebut, OCAS akan membawakan tiga lagu tradisional Ambon.

“Bersama dengan Tahuri, Dari musik Ambon ada 3 lagu. Selain itu ada beberapa lagu dari Asturias. Terus ada beberapa lagu dari Amerika Latin. Soalnya Amerika Latin dan Spanyol, walaupun jaraknya jauh sekali tetapi keduanya memiliki banyak kemiripan. Terus ada dua lagu dari Andalusia karena ada dua anggota OCAS yang berasal dari Andalusia.”

Manuel Paz lebih lanjut menjelaskan,lagu tradisional itu berjudul Ayo Mama, Huhate dan Goro-gorone. Dengan tema menebarkan semangat solidaritas, perdamaian, persatuan dalam kemajemukan, kegiatan Vinculos untuk Indonesia 2018 dilaksanakan di di kota Ambon 3 dan 5 Agustus yang akan diproyeksikan sebagai International City of Music oleh UNESCO tahun 2019. Vinculos dilaksanakan sebagai bagian dari komitmen kuat Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memperkuat kerjasama kebudayaan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Kerajaan Spanyol. Kegiatan ini juga bertepatan dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Republik Indonesia dan Kerajaan Spanyol. Grup orchestra OCAS juga akan menggelar flash mob atau tarian massal di Maluku City Mall serta konser besar di Taman Budaya Ambon. (voi/sekar)

Read 813 times Last modified on Friday, 03 August 2018 13:27