Monday, 13 February 2023 10:48

Filipina siap jalin kerja sama keamanan dengan Jepang

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

(voinews.id)- Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr pada Minggu (12/2) mengatakan bahwa tidak alasan bagi Filipina untuk tidak menjalin kerja sama Perjanjian Kunjungan Pasukan (VFA) dengan Jepang karena mereka ingin meningkatkan keamanan maritim dan memperbesar perlindungan bagi nelayan. Namun, Marcos juga mengatakan kepada wartawan bahwa dia akan berhati-hati dalam mengejar kesepakatan potensial dengan Tokyo tersebut "karena tidak ingin terlihat provokatif."

Kunjungan pertama Marcos ke Jepang sejak menjabat terjadi setelah dia baru-baru ini juga memberikan Amerika Serikat akses ke pangkalan militer tambahan di Filipina, berdasarkan VFA. Langkah tersebut ditentang oleh China karena dianggap bisa merusak stabilitas regional dan meningkatkan ketegangan. Kerja sama VFA tersebut mengatur rotasi ribuan pasukan AS masuk dan keluar dari Filipina untuk latihan.

"Jika itu akan membantu Filipina dalam hal melindungi, misalnya para nelayan kita, melindungi wilayah maritim kita... Saya tidak mengerti mengapa kita tidak menerima (VFA)," kata Marcos kepada wartawan sebelum kembali ke Filipina dari Jepang pada Minggu, menurut transkrip resmi.

Marcos sebelumnya berada di Jepang dalam lawatan lima hari, untuk mempererat hubungan keamanan dengan Tokyo. Pada Desember lalu, Tokyo mengumumkan pembangunan militer terbesarnya sejak Perang Dunia Kedua, dipicu oleh kekhawatiran tentang tindakan agresif China di wilayah tersebut.

 

antara

Read 103 times