Sunday, 05 August 2018 13:18

Menlu Retno dan Pompeo Bahas Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-AS

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Foto : VOI Foto : VOI

 

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS), Michael Richard Pompeo pada Sabtu, 4 Agustus 2018 berkunjung ke Indonesia dalam rangka kunjungan bilateral. Kunjungan Menlu Michael Richard Pompeo kali ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan bilateralnya ke Asia Tenggara. Setibanya di Jakarta, Menlu Pompeo didampingi beberapa  delegasi langsung bergerak menuju Kementerian Luar Negeri RI untuk melakukan pertemuan dengan Menlu Republik Indoneia (RI) Retno Marsudi. Usai pertemuan tersebut, Menlu Retno mengatakan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-AS tahun depan dibahas pada pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih 30 menit tersebut. Secara khusus, tema yang diusulkan Indonesia pada peringatan tersebut adalah 'Celebrate Our Diversity Prosper Together As Strategic Partner”.

Tahun depan Indonesia dengan Amerika Serikat akan merayakan 70 tahun hubungan diplomatik dan tadi saya sampaikan bahwa untuk tahun depan peringatan tahun depan maka tema yang diusulkan oleh Indonesia adalah celebrate our diversity, prosper, together as strategic partners. Indonesia dan Amerika Serikat merupakan mitra di dalam pengembangan nilai demokrasi, kemajemukan dan toleransi, Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, sebagai negara demokrasi ketiga terbesar di dunia dan salah satu dari 20 negara dengan GDP terbesar tentunya memiliki posisi strategis dalam pergaulan internasional.

Pada kesempatan yang sama Menlu Retno juga menyampaikan hubungan ekonomi ASEAN dengan AS akan menguntungkan kedua pihak. Hubungan ini terutama di bidang perdagangan dan investasi. Pertumbuhan ekonomi per tahun rata-rata negara ASEAN masih lebih dari lima persen. Oleh karena itu, menurut Menlu Retno ASEAN punya potensi dan kapasitas cukup besar sehingga hubungan perdagangan dan investasi ASEAN dengan AS akan menguntungkan kedua pihak. Pada kesempatan itu, Menlu Retno juga menyampaikan kepada Menlu Michael Richard Pompeo mengenai data perdagangan ASEAN-AS selama 10 tahun belakangan. Dalam 10 tahun terakhir, ekspor AS ke ASEAN menunjukkan peningkatan cukup baik.  Investasi AS di ASEAN adalah yang terbesar keempat, tetapi investasi ASEAN di AS jumlahnya juga cukup besar. VOI/Rezha

Read 732 times Last modified on Sunday, 05 August 2018 13:28