Tuesday, 07 August 2018 08:32

PT PELNI Siapkan Kapal Gratis Untuk Bantu Korban Gempa Lombok

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Foto : VOI Foto : VOI

 

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PELNI secara khusus menyiapkan armadanya untuk keperluan distribusi bantuan kemanusiaan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat dari Surabaya, Jawa Timur. PT PELNI menyiapkan kapal motor (KM) Egon yang berjenis roll on-roll off (Ro-Ro) yang mampu mengangkut penumpang, kendaraan, dan alat berat sekaligus. PT PELNI sendiri menggratiskan atau tidak memungut biaya untuk pengiriman bantuan menggunakan KM Egon. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat (Humas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan persnya Senin (6/8) di Jakarta.

“Kemudian dari PT PELNI menyiapkan kapal motor, KM Egon sebagai sarana transportasi untuk mengirimkan bantuan dari Surabaya ke Lombok secara gratis. KM Egon ini merupakan kapal tipe Ro-Ro dan dapat mengangkut mobil, alat berat dan penumpang.”

Secara terpisah, Kepala Kesekretariatan PT PELNI, Ridwan Mandaliko melalui keterangan tertulis mengatakan KM Egon mulai sandar di dermaga Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Selasa (7/8) pada pukul 13.00 WIB sebelum diberangkatkan menuju Pelabuhan Lembar, Lombok pada pukul 18.00 WIB di hari yang sama. Selain menyediakan kapal gratis untuk keperluan pengiriman bantuan kemanusiaan, PT PELNI juga mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa kebutuhan pokok dan obat – obatan untuk korban gempa Lombok. Rencananya bantuan tersebut akan dititipkan melalui KM Egon sebelum diserahkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Nusa Tenggara Barat untuk disalurkan kepada seluruh korban bencana. (VOI/Rezha)

Read 643 times Last modified on Tuesday, 07 August 2018 12:53