Wednesday, 08 August 2018 13:59

Bappenas Dorong Peran Daerah Dalam Pencapaian SDGs

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Foto : VOI Foto : VOI

Direktur Keluarga, Perempuan, Anak, Pemuda dan Olahraga, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Woro Srihastuti Sulistyaningrum, Rabu di Jakarta mengatakan, pemerintah Indonesia berkomitmen dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030. Menurutnya saat ini pemerintah Indonesia telah menerbitkan Peraturan Presiden  tentang Implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Lebih lanjut dirinya menyatakan, guna mendorong pencapaian SDGs tersebut, pemerintah Indonesia juga telah meluncurkan Rencana Aksi Nasional SDGs. Woro Srihastuti menambahkan, upaya ini patut didukung oleh pemerintah daerah dengan menerbitkan Rencana Aksi Daerah agar SDGs sebagai kesepakatan global dapat dicapai guna mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

“ Selanjutnya daerah diharapkan menyusun Rencana Aksi Daerah yang dengan melibatkan actor-aktor kunci baik berasal dari masyarakat, organisasi masyarakat sipil, akademisi dan dunia usaha. Selain itu pemerintah Indonesia juga telah melakukan penyelarasan target dan indicator SDGs kedalam dokumen perencanaan pembangunan jangka menengah nasional baik pada periode yang sedang berjalan ini maupun periode selanjutnya. Langkah-langkah ini dilakukan oleh pemerintah untuk mendukung kesepakatan global tersebut demi mewujudkan pembangunan yang adil damai dan berkelanjutan “. Ungkap Woro Srihastuti Sulistyaningrum

Lebih lanjut Woro Srihastuti menyampaikan, saat ini pemerintah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional sedang menyusun studi latar belakang (background study) bagi Rencana Pembangunan Jangka Menengah tahun 2020-2024. Menurutnya saat ini pemerintah sedang mengumpulkan berbagai indicator perencanaan pembangunan yang nantinya akan dituangkan kedalam dokumen perencanaan pembangunan pemerintah. Ia mengatakan proses pembangunan yang dilaksanakan di Indonesia sepatutnya dapat diakses dan dimanfaatkan oleh semua pihak agar pembangunan di Indonesia dapat tercapai secara menyeluruh. (ndy)

Read 741 times