Thursday, 09 August 2018 08:18

Menlu RI Terima Kunjungan Penasihat Bidang Keamanan Nasional Myanmar

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menerima kunjungan Penasihat Bidang Keamanan Nasional Myanmar, Thaung Tun, di Kementerian Luar Negeri RI Jakarta, Rabu (8 Agustus) untuk membahas kerja sama bilateral dan perkembangan terbaru di Rakhine State, Myanmar. Kepada wartawan, Retno Marsudi mengatakan, pada pertemuan tersebut, dirinya kembali menyampaikan kesediaan Indonesia untuk membantu Myanmar mempercepat penyelesaian masalah terkait etnis Rohingya. Untuk itu, pihaknya terus mendorong Myanmar bersikap terbuka, dengan memberikan informasi terbaru di Rakhine State. Myanmar juga secara langsung menyampaikan apresiasi atas pembangunan rumah sakit oleh Indonesia di Rakhine State.

Tadi saya menerima kunjungan National Security Advisor. Jadi kita bicara dengan sangat terbuka mengenai perkembangan di sana. Saya minta untuk agar kita diupdate mengenai perkembangannya seperti apa, terus bagaimana kita sekali lagi dapat membantu untuk mempercepat penyelesaian masalah itu. Nah, banyak sekali yang bisa kita bahas tapi intinya adalah perlu terus keterbukaan supaya Myanmar bisa mendapatkan trust dari negara – negara lain. Perkembangan itu harus terus dikomunikasikan keluar. Jadi intinya itu. Dan mereka sangat mengapresiasi bantuan pembangunan rumah sakit yang saat ini sedang terus berjalan.”

Lebih lanjut Menteri Retno Marsudi mengatakan, pembangunan rumah sakit oleh Indonesia di Rakhine State sangat diapresiasi, karena melibatkan pekerja dari latar belakang yang berbeda atau bersifat inklusif. Model pembangunan yang bersifat inklusif tersebut nantinya akan diadaptasi untuk pembangunan Rakhine State di masa yang akan datang. Rumah sakit Indonesia yang dibangun sejak bulan November 2017, rencananya akan mulai beroperasi di akhir tahun ini. Rumah Sakit Indonesia yang berada di Myaung Bwe Village, Mrauk-U Township, Rakhine State, Myanmar adalah sebuah langkah diplomasi kemanusiaan di dunia internasional, kerja sama Medical Emergency Rescue Committee -MER-C  dan Palang Merah Indonesia. Rezha

Read 560 times Last modified on Thursday, 09 August 2018 11:26