Sunday, 16 July 2023 20:42

Menparekraf Dorong Ponorogo Jadi Perwakilan Indonesia di Jejaring Kota Kreatif Dunia UCCN

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews, Ponorogo: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengupayakan Kabupaten Ponorogo dengan seni pertunjukan yang diunggulkan sebagai perwakilan Indonesia dan masuk dalam nominasi "UNESCO Creative Cities Network” (UCCN) pada periode selanjutnya.

Menparekraf Sandiaga pada acara Workshop KaTa Kreatif Ponorogo di Gedung PGRI Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Minggu (16/7/2023) mengatakan upaya ini berbekal dari potensi ekonomi kreatif yang dimiliki Kabupaten Ponorogo yakni seni pertunjukan yang dapat menjadi penghela dari subsektor ekonomi kreatif lainnya.

"Pemerintah pusat sudah menetapkan Ponorogo sebagai kabupaten kreatif karena telah mengikuti proses uji petik tahun 2022 dan selangkah lagi berarti ini akan menuju ke UNESCO Creative Cities Network," kata Menparekraf Sandiaga.

Menurut Menparekraf Sandiaga dengan adanya upaya ini maka akan semakin memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di Ponorogo. Keikutsertaan Ponorogo dalam UCCN bukanlah sebuah kompetisi atau perlombaan. Melainkan sebagai media untuk berjejaring dan membangun komunitas dengan kota-kota sejenis di negara-negara lain di dunia. Maka diharapkan banyak manfaat yang diperoleh ketika sudah menjadi bagian dari UCCN.

"Mudah-mudahan tahun depan Ponorogo bisa kita usulkan. Diharapkan dengan ini kita bisa menciptakan peluang usaha agar ekonomi rakyat meningkat dan terbuka peluang usaha yang akan menciptakan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024," kata Sandiaga.

Direktur Infrastuktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Hariyanto menambahkan setidaknya ada hal penting yang menjadi perhatian UNESCO agar Ponorogo bisa masuk ke dalam bagian UCCN. Salah satunya adanya garansi proses transmisi dan transisi.

"Proses edukasi harus terus dilakukan kepada anak-anak kita. Sehingga Reog sebagai produk ekonomi kreatif unggulan Ponorogo bukan saja ajeg tapi akan terus mendunia. Kami juga siap bersama-sama mendampingi, memfasilitasi agar Reog semakin mendunia, semakin lestari," kata Hariyanto.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, menyampaikan terima kasih kepada Kemenparekraf yang telah menetapkan Ponorogo sebagai Kabupaten/Kota Kreatif. Untuk itu ekosistemnya harus dipacu untuk diberikan solusi agar kemudian semuanya bisa menjadi pertumbuhan ekonomi yang luar biasa. "Dan ini dimulai dari Reog Ponorogo," kata Sugiri.

Read 223 times