Tuesday, 15 August 2023 14:50

Gelar Pameran EIM di Meksiko, Indonesia Raup Keuntungan Hingga 287 Miliar

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
 
 
 
 
VOInews, Jakarta: Pameran Expo Indonesia en Mexico (EIM) yang digelar di World Trade Center Mexico City, Meksiko berhasil meraup keuntungan transaksi sebesar Rp287 miliar.
Pameran EIM yang digelar pada 3-6 Agustus 2023 tersebut merupakan pameran tunggal Indonesia di Meksiko yang mengangkat sektor perdagangan, pariwisata, investasi, dan kebudayaan dan berhasil menarik pengunjung sebanyak 5.238 orang.
Pameran ini didukung oleh Kementerian Perdagangan dan diikuti 51 peserta, termasuk dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Investasi, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, dan DKI Jakarta, pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), serta perusahaan swasta.
“Penyelenggaraan pameran terpadu sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi memberikan efek ganda, tidak hanya pada peningkatan ekspor produk nonmigas tetapi juga memberikan peluang kerja sama investasi dan penguatan citra Indonesia di negara Meksiko yang belum memiliki kerja sama perdagangan bilateral dengan Indonesia,” kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dalam siaran pers, Senin (15/08/2023).
Produk kertas, benang rajutan, batik, bulu mata, kopi, serta makanan dan minuman menjadi incaran pengunjung. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi mengatakan, suksesnya EIM membuktikan bahwa produk Indonesia memiliki daya saing yang kuat di pasar internasional.
“Capaian transaksi EIM membuktikan bahwa produk Indonesia memiliki daya saing yang kuat, sehingga dapat diterima dengan baik oleh pasar Meksiko dan menjadikan negara ini sebagai perluasan pasar nontradisional. Kegiatan ini menjadi langkah awal untuk meningkatkan kontribusi ekspor Indonesia lebih besar lagi, terutama produk bernilai tambah seperti produk industri manufaktur,” ungkap Didi.
Sementara itu, Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer Kementerian Perdagangan, Merry Maryati, menyampaikan apresiasi atas kolaborasi yang baik antara seluruh pihak.
“Kami apresiasi atas kerja sama yang terjalin antara KBRI di Meksiko, Kementerian Investasi/BKPM, Kementerian Pariwista dan Ekonomi Kreatif, dan Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Papua Barat, dan perusahaan swasta yang telah berpartisipasi pada EIM 2023. Diharapkan kegiatan ini menjadi awal perluasan jejaring bisnis bagi pelaku usaha Indonesia di pasar Meksiko,” ungkap Merry. (Ranov)
Read 240 times