Wednesday, 23 August 2023 09:32

Putin: Rusia hadapi tantangan ekonomi besar, jaga inflasi terkendali

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews.id- Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa risiko inflasi meningkat dan dia meminta pemerintah dan bank sentral untuk menjaga situasi tetap terkendali. Ancaman bahwa lonjakan harga-harga akan mengikis standar hidup merupakan kekhawatiran Putin saat ia bersiap untuk mencalonkan diri untuk terpilih kembali pada Maret mendatang untuk masa jabatan enam tahun lagi di Kremlin.

Pada saat yang sama, anggaran Rusia berada di bawah tekanan akibat apa yang Putin sebut sebagai “operasi militer khusus” di Ukraina, dan bank sentral terpaksa menaikkan suku bunga pekan lalu untuk menghentikan penurunan nilai tukar rubel.

“Skala dan kompleksitas tugas-tugas yang kami selesaikan, dan terus kami selesaikan, sungguh luar biasa,” kata Putin dalam sambutannya yang disiarkan televisi kepada para pejabat pemerintah. Dia mengatakan situasi secara keseluruhan stabil, tetapi membutuhkan pemantauan yang waspada dan keputusan yang tepat waktu.

Setelah inflasi dua digit pada tahun 2022, laju kenaikan harga-harga menurun pada musim semi, namun inflasi kini kembali berada di atas target bank sentral sebesar 4,0 persen dan terus meningkat.

 

antara

Read 159 times