Tuesday, 29 August 2023 13:41

Menparekraf Tingkatkan Kesiapan Aksesibilitas di Destinasi Wisata untuk Jaring Wisatawan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews, Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berupaya meningkatkan aksesibilitas terutama layanan transportasi guna menggaet wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman). Menparekraf Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno", di Jakarta, Senin (28/83), menyampaikan ia terus berkoordinasi dan menjalin kerja sama dengan Kementerian Perhubungan untuk menambah kuota penerbangan ke destinasi wisata dalam negeri sehingga bisa menekan harga penerbangan ke angka yang lebih terjangkau.

“Kami terus bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan untuk terus menambah jumlah penerbangan dan tingkat ketersediaan kursi,” kata Menparekraf Sandiaga.

Selain itu, ia juga terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dalam mendukung pembangunan infrastruktur pendukung destinasi pariwisata, yang mencakup aksesibilitas dan konektivitas, sumber daya air, permukiman dan perumahan dalam 97 paket kegiatan infrastruktur.

“Dengan PUPR juga kami bekerja keras, karena aksesibilitas dengan membangun jalan menuju destinasi wisata. Alhamdulillah anggaran Rp2,34 triliun ini telah terselesaikan untuk membangun infrastruktur di destinasi pariwisata,” kata Menparekraf Sandiaga.

Kemenparekraf pun mendukung pembangunan infrastruktur di daerah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Pariwisata, berupa amenitas dan aksesibilitas dalam kawasan pariwisata, yang bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah.

“Ini kita tawarkan kepada seluruh pemerintah daerah untuk melakukan kajian agar terjadi percepatan pembangunan dana alokasi khusus bidang pariwisata. Jadi kita bisa membangun mulai dari creative hub sampai juga beberapa fasilitas pariwisata yang lain, dan pendukung ekonomi kreatif,” kata Menparekraf.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepala dinas pariwisata dan pelaku usaha industri pariwisata untuk memastikan dalam meningkatkan akses jalan dan sarana transportasi.

Read 222 times