Thursday, 31 August 2023 07:18

Uni Eropa siapkan landasan sanksi bagi pimpinan kudeta Niger

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

(VOInews.id)- Uni Eropa menyiapkan dasar hukum untuk menjatuhkan sanksi bagi anggota junta yang merebut kekuasaan di Niger bulan lalu, kata Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell pada Rabu. Dalam menentukan sanksi yang akan dijatuhkan, Uni Eropa bertujuan untuk menyesuaikan dengan segala tindakan yang diambil oleh badan regional Afrika Barat ECOWAS, tambahnya. "Kami akan mengikuti, mencoba memberikan jenis sanksi yang sama dengan apa yang mereka (ECOWAS) putuskan,"

kata Borrell kepada wartawan setelah pertemuan menteri pertahanan Uni Eropa di Toledo, Spanyol. Borrell mengatakan akan mengusulkan penetapan kerangka hukum untuk penentuan sanksi bagi mereka yang bertanggung jawab terhadap kudeta ketika para menteri luar negeri Uni Eropa bertemu pada Kamis, bertempat di Toledo.

Dalam menentukan bahwa Uni Eropa akan dipandu oleh ECOWAS dalam menentukan sanksi, Borrell mengingatkan kembali bahwa Uni Eropa telah menekankan sejak terjadinya kudeta pada 26 Juli, bahwa apapun solusi untuk krisis tersebut harus dipimpin oleh Afrika.

Namun jika ditanya apakah Uni Eropa akan menyediakan dukungan finansial jika ECOWAS memutuskan untuk melakukan intervensi militer di Niger, Borrell mengatakan bahwa Uni Eropa akan mempertimbangkan permintaan itu dan tidak otomatis mengabulkannya. "Kami belum menerima permintaan khusus," ujarnya.

 

Antara

Read 119 times