Sunday, 12 November 2023 23:06

Menlu RI: Satu Keluarga WNI Berhasil Dievakuasi dari Gaza dengan Selamat

Written by  Ranov/Andy Romdoni
Rate this item
(1 Vote)
Menlu RI Retno Marsudi melaporkan satu keluarga WNI Berhasil dievakuasi dari Gaza pada Minggu (12/11/2023)
 
VOInews, Jakarta: Kementerian Luar Negeri RI kembali berhasil mengevakuasi satu keluarga Warga Negara Indonesia (WNI) keluar dari Gaza. Menlu Retno Marsudi mengatakan dirinya mendapat laporan pada Minggu sore, bahwa satu keluarga WNI berhasil dievakuasi dan kini sudah berada di wilayah Mesir.
 
“Sekitar pukul 18.00 WIB, saya memperoleh laporan bahwa mereka berhasil dievakuasi. Saat ini, beliau-beliau ini sudah berada di wilayah Mesir dan sudah bersama dengan tim evakuasi KBRI Mesir,” ujar Menlu Retno Marsudi dalam keterangan resmi Minggu (12/11/2023). 
 
Menlu Retno menjelaskan bahwa proses evakuasi tersebut memakan waktu yang cukup lama dan sulit namun pemerintah Indonesia terus berupaya dengan maksimal. 
 
"Proses evakuasi ini memakan waktu yang cukup lama, dari isu nama beliau tidak ada di dalam list, proses memasukkan nama beliau ke dalam list, memakan waktu yang sangat panjang. Dan begitu nama-nama beliau sudah berada di dalam list, evakuasi juga belum dapat dilakukan karena pintu perbatasan tidak dibuka dengan berbagai alasan situasi lapangan," terangnya.
 
Menlu Retno juga mengatakan dengan berhasilnya evakuasi keluarga tersebut kini menyisakan tiga WNI yang tinggal di sekitar RS Indonesia yang memang memutuskan untuk tetap tinggal di Gaza. Untuk itu, Kementerian Luar Negeri terus melakukan komunikasi dengan ketiga WNI tersebut dan juga dengan perwakilan MER-C di Jakarta untuk memastikan kondisi mereka dalam keadaan baik. 
 
 
 
 
 
Read 192 times