Wednesday, 15 November 2023 07:15

Indonesia-AS Sepakat Ciptakan Perdamaian dan Solusi Palestina-Israel

Written by  Ranov/Andy Romdoni
Rate this item
(1 Vote)

Presiden Joko Widodo dalam pertemuan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Senin (13/11/2023). Foto : BPMI Sekretariat Presiden

 

VOInews, Jakarta: Presiden Joko Widodo mengajak Presiden Amerika Serikat Joe Biden untuk berada pada garis depan dalam membela keadilan dan kemanusiaan bagi bangsa Palestina.

 

“Saya sangat berharap AS dapat tunjukan kepemimpinannya dan berada di garis depan untuk membela keadilan dan kemanusiaan bagi bangsa Palestina, bagi perdamaian dan kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution,” ucap Presiden Joko Widodo dalam pertemuan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Senin (13/11/2023).

 

Presiden Joko Widodo menilai hal tersebut, dikarenakan kontribusi Amerika Serikat dianggap penting dalam mewujudkan perdamaian dunia.

 

“Kontribusi AS dalam perdamaian dan kemanusiaan sangat ditunggu dunia,” imbuhnya.

 

Sementara itu, Gedung Putih dalam keterangan resmi pada Senin (13/11/2023), mengatakan terkait konflik Palestina dan Israel, kedua pemimpin tersebut bersepakat harus bekerja sama untuk mewujudkan perdamaian dan solusi dua-negara.

 

"Kedua pemimpin sepakat bahwa mereka harus bekerja sama dan dengan mitra regional lainnya untuk mewujudkan perdamaian yang tahan lama melalui solusi dua negara," tulis Gedung Putih di laman resmi.

 

Di samping itu, dalam pertemuan tersebut, Presiden Joko Widodo turut mengapresiasi mengenai perkembangan baik mengenai dinamika hubungan Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

 

“Saya apresiasi dan dukung dibukanya kembali jalur komunikasi strategis antara Amerika Serikat dan RRT,” imbuhnya.

 

Melihat hal tersebut, Presiden menyampaikan bahwa dirinya meyakini bahwa dialog merupakan kunci untuk menjembatani perbedaan.

Read 211 times