Monday, 04 December 2023 10:37

KBRI Den Haag Adakan Festival Indonesia Timur, Tampilkan Budaya Maluku dan Papua

Written by  Ranov/Andy Romdoni
Rate this item
(1 Vote)

KBRI) Den Haag menggelar Festival Indonesia Timur di De Broodfabriek, Rijswijk, Belanda pada Sabtu (2/12/2023) Foto : KJRI Deen Haag

 

VOInews, Jakarta: Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag menggelar Festival Indonesia Timur di De Broodfabriek, Rijswijk, Belanda pada Sabtu (2/12/2023), dengan tema khusus "Indonesia Timur". Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, Mayerfas dalam keterangan yang diterima di Jakarta Senin (4/12/2023) mengatakan festival tersebut menjadi tempat bagi para diaspora Indonesia Timur saling bersilaturahmi.

 

“Festival Indonesia Timur ini maksudnya untuk menyediakan wadah atau tempat bagi saudara-saudara kita dari komunitas diaspora Indonesia Timur untuk bisa saling bertemu, bersilaturahmi, berbagi dan juga menunjukkan tradisi dan potensi, baik itu kesenian tradisional, makanan, dan nilai-nilai adat budayanya," kata Dubes Mayerfas

 

Dubes Mayerfas menjelaskan, melalui festival ini, para diaspora yang tersebar di Belanda dapat berkumpul dan menunjukkan potensi yang dimiliki oleh Indonesia.

 

"Mereka yang tinggalnya tersebar di berbagai wilayah di Belanda bisa kumpul bersama, reuni, dan yang lebih penting menjaga kelestarian budaya dan tradisi di antara generasi mudanya," katanya.

 

Dubes Mayerfas juga mengatakan komunitas Indonesia Timur, seperti Maluku, Manado, Nusa Tenggara, dan Papua merupakan kelompok diaspora Indonesia terbesar di Belanda dan merupakan aset yang harus dioptimalkan.

 

"Keterlibatan aktif mereka penting dalam mendukung promosi dan memperkuat citra positif Indonesia," katanya.

 

Festival Indonesia Timur 2023 menghadirkan beragam pertunjukan seni seperti tari-tarian khas Kepulauan Tanimbar oleh grup Lima Diti, ragam tarian dari Maluku oleh Maropi Perowano dan Sanggar Kelompok Bina Budaya Moar - Holland.

 

Ada pula kesenian musik Sasando oleh Amor Frans dan Maureen Dumais, musik tifa oleh Culturegroup Tifa Bunji, pagelaran busana adat Malaka, Belu, Manggarai, Maumere, dan Nagekeo oleh Bintang Timur.

 

Selain itu, festival juga menghadirkan bazaar makanan, minuman, serta produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Read 223 times Last modified on Tuesday, 05 December 2023 13:06